Pengaruh Edukasi Berdasarkan Teori Efikasi Diri Terhadap Kepatuhan Pembatasan Cairan pada Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis

Adep, Junika (2023) Pengaruh Edukasi Berdasarkan Teori Efikasi Diri Terhadap Kepatuhan Pembatasan Cairan pada Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Submitted Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
ADEF BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img] Text (Tesis Lengkap)
TESIS_ADEP JUNIKA_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penatalaksanaan pembatasan cairan yang kurang baik pada pasien hemodialisis dapat menyebabkan penambahan berat badan interdialitik yang dapat mengakibatkan peningkatan mortalitas dan morbiditas. Diketahui di rumah sakit telah diberikan edukasi tentang pembatasan cairan tetapi masih terjadi ketidak patuhan terhadap asupan cairan, sehingga diperlukan edukasi berdasarkan teori efikasi diri untuk meningkatkan keyakinan diri pasien dalam melakukan manajemen diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi berdasarkan teori efikasi diri terhadap kepatuhan pembatasan cairan pada pasien hemodialisis. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain quasi ekpsperimen pre-test and post-test with control group design. Jumlah sampel penelitian ini 68 orang dengan metode pengambilan sampel yaitu non probability sampling menggunakan tehnik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner, data dianalisis melalui SPSS menggunakan uji t independent dan paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh terhadap kepatuhan pembatasan cairan sebelum dan setelah diberikan edukasi berdasarkan teori efikasi diri p-value 0,000. Pemberian edukasi berbasis teori efikasi diri menunjukkan dapat meningkatkan kepatuhan pembatasan cairan pada pasien hemodialisis. Diharapkan rumah sakit dapat menerapkan edukasi berdasarkan teori efikasi diri sebagai salah satu inovasi edukasi di rumah sakit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:02
Last Modified: 07 Mar 2023 04:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199893

Actions (login required)

View Item View Item