Kepastian Hukum Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) Sebagai Jaminan Kredit Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Cabang Bengkalis

Nurul, Nurul Izzayu (2023) Kepastian Hukum Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) Sebagai Jaminan Kredit Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Cabang Bengkalis. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK TESIS.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahululan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV Kesimpulan dan Saran)
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (Full Tesis)
FULL TESIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Jaminan pemberian kredit bank berfungsi untuk menjamin kepastian akan pelunasan utang debitur apabila debitur cidera janji. Hak tanggungan merupakan satu-satunya lembaga jaminan hak atas tanah untuk pelunasan hutang tertentu dengan memberikan kedudukan yang diutamakan kepada kreditur tertentu terhadap kreditur lainnnya. Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Cabang Bengkalis menerima debitur dengan jaminan tanah Surat Keterangan Ganti Rugi yang tidak diikatkan dengan hak tanggungan. Dikarenkan Surat Keterangan Ganti Rugi tidak termasuk ke dalam objek hak tanggungan. Perjanjian kredit dan pengikatan jaminan dilakukan dibawah tangan. Dalam penulisan tesis ini, yang menjadi permasalahan yaitu: 1) Bagaimana proses pemberian kredit dengan jaminan Surat Keterangan Ganti Rugi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Cabang Bengkalis ? 2) Apa pertimbangan bank dalam memberikan kredit dengan jaminan Surat Keterangan Ganti Rugi pada PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Cabang Bengkalis? 3) Bagaimanakah kepastian hukum Surat Keterangan Ganti Rugi sebagai jaminan kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Cabang Bengkalis? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis empiris, yaitu suatu penelitian yang menggunakan metode pendekatan terhadap masalah dengan melihat norma-norma hukum yang berlaku kemudian dihubungkan dengan fakta-fakta yang tejadi dilapangan dengan melakukan wawancara, kajian kepustakaan, dan analisis data. Proses pemberian kredit pada PT. Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Cabang Bengkalis sama seperti pemberian kredit pada umumnya, perbedaan terletak pada pengikatan jaminan Surat Keterangan Ganti Rugi yaitu dengan Surat Perjanjian Pemberian Kredit dan Surat Kuasa Menjual Guna Agunan yang dibuat dibawah tangan. Pertimbangan pemberian kredit dengan jaminan Surat Keterangan Ganti Rugi adalah dengan melihat usaha yang dijalani debitur serta memperhatikan prinsip dalam perbankan. Pemberian kredit dengan jaminan Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR) tidak memiliki kepastian hukum, dikarenakan tidak adanya undang- undang yang mengatur tentang jaminan hak atas tanah yang belum bersertifkat, tetapi menurut asas kebebasan berkontrak sah untuk dilakukan asal tidak bertentangan dengan undang-undang.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Dahlil Marjon, S.H., M.H Dr. Yussy Adelina Mannas, S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Jaminan Kredit, Surat Keterangan Ganti Rugi (SKGR)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:45
Last Modified: 06 Mar 2023 06:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199871

Actions (login required)

View Item View Item