HUBUNGAN PROMOSI K3 DENGAN PERILAKU AMAN (SAFE BEHAVIOR) PADA PEKERJA PRODUKSI DI PT WIJAYA KARYA PABRIK FABRIKASI BAJA TANGERANG TAHUN 2022

Fondariesta, Wulandini (2023) HUBUNGAN PROMOSI K3 DENGAN PERILAKU AMAN (SAFE BEHAVIOR) PADA PEKERJA PRODUKSI DI PT WIJAYA KARYA PABRIK FABRIKASI BAJA TANGERANG TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak .pdf - Published Version

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6 Kesimpulan dan Saran)
Bab 6 Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (581kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Mendukung upaya peningkatan perilaku aman dapat melalui promosi K3 di tempat kerja. Sebanyak 50% pekerja di PT Wijaya Karya Pabrik Fabrikasi Baja Tangerang belum berperilaku aman, 50% pekerja tidak mendapatkan pelatihan, dan 30% pengawasan kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan promosi K3 dengan perilaku aman (Safe Behavior) pada pekerja produksi di PT Wijaya Karya Pabrik Fabrikasi Baja Tangerang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain cross sectional, dilaksanakan pada bulan Januari-Desember tahun 2022. Populasi pada penelitian ini berjumlah 243 pekerja dengan sampel 76 pekerja. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dan data dianalisis secara univariat dan bivariat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 57,9% pekerja memiliki perilaku kurang aman, 43,4% menyatakan kurangnya komunikasi K3, 44,7% menyatakan kurangnya pelatihan, dan 48,7% menyatakan pengawasan yang dilakukan kurang baik. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan antara pelatihan dengan perilaku aman (p=0,013) dan tidak ada hubungan antara komunikasi K3 (p=0,215) dan pengawasan (p=0,478) dengan perilaku aman. Kesimpulan: Promosi K3 yang berhubungan dengan perilaku aman pada pekerja produksi di PT Wijaya Karya Pabrik Fabrikasi Baja Tangerang adalah pelatihan. Diharapkan kepada perusahaan dapat memberikan pelatihan secara berkala khususnya pelatihan P3K dan pelatihan penggunaan APAR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Novia Wirna Putri, SKM., MPH
Uncontrolled Keywords: Pomosi K3, Perilaku Aman, Pekerja Produksi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 06 Mar 2023 04:46
Last Modified: 06 Mar 2023 06:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199844

Actions (login required)

View Item View Item