Analisis Penerapan Sistem Informasi Adminsitrasi Kependudukan (SIAK) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang

M. Ridho, Saputra (2023) Analisis Penerapan Sistem Informasi Adminsitrasi Kependudukan (SIAK) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab IV Kesimpulan)
BAB VI KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
FULL TEXT SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Sistem Infromasi Adminsitrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Sistem Informasi Administrasi Kependudukan merupakan suatu sistem yang berbasis aplikasi web yang menfasilitasi penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan berupa database yang terintegrasi agar tercapai tertib administrasi. Penerapan program SIAK ini dikelola oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh prestasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Padang Panjang sebagai Kota tertinggi dan terbaik dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan yang difasilitasi oleh SIAK se-Sumatra Barat tahun 2021. Penelitian ini menggunakan teori dari hasil kajian dari Harvard JFK School of Government dalam buku Indrajit Richardus Eko, ada tiga elemen penting dalam menerapkan konsep digitalisasi sektor publik yaitu support, capacity, dan value. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif tipe deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling serta menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan pada Disdukcapil Kota Padang Panjang terkait dengan analisis penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan serta kebermanfaatan data kependudukan hasil proses SIAK oleh masyarakat dan OPD/instasi, secara umum sudah berjalan dengan baik. Hal dapat dilihat dari adanya dukungan kebijakan yang dapat dijadikan pedoman dalam penerapan SIAK dan pemanfaatannya, database kependudukan mutakhir yang terintegrasi ,sumber daya manusia yang berkualitas, serta pemanfaatan data kependudukan yang dirasakan oleh masyarakat dan pemerintah. Namun masih terdapat beberapa kendala dalam implementasiannya seperti jaringan/server terkadang bermasalah, pemanfaatan data SIAK hanya beberapa ODP/instansi dan belum menyeluruh, oleh karena itu perlu adanya sosialisasi secara berkesinambungan terkait perkembangan dan pemanfaatan data SIAK di Kota Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Roni Ekha Putera, S.IP, M.PA
Uncontrolled Keywords: SIAK, Pelayanan publik, E-government
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: s1 ilmu administrasi negara
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:41
Last Modified: 06 Mar 2023 08:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/199789

Actions (login required)

View Item View Item