EFEK ANTIHIPERTENSI EKSTRAK BUAH LABU SIAM TERHADAP TEKANAN DARAH TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI PREDNISON DAN GARAM

Mutia, Rahman (2016) EFEK ANTIHIPERTENSI EKSTRAK BUAH LABU SIAM TERHADAP TEKANAN DARAH TIKUS WISTAR (RATTUS NORVEGICUS) JANTAN YANG DIINDUKSI PREDNISON DAN GARAM. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
EFEK ANTIHIPERTENSI EKSTRAK BUAH LABU SIAM TERHADAP TEKANAN DARAH TIKUS WISTAR.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
3. BAB akhir.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI MUTIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Prevalensi hipertensi yang terus meningkat dari tahun ketahun serta masalah yang ditimbulkannya pada berbagai organ target, menyebabkan penelitian mengenai hipertensi banyak dilakukan. Efek ekstrak etanol buah labu siam (Sechium edule (Jacq). Sw) terhadap tekanan darah tikus hipertensi telah diteliti. Sejumlah tikus wistar jantan berusia 2 sampai 3 bulan dengan rentang berat 200-300 g diinduksi hipertensi menggunakan prednison 1,5 mg/kg and NaCl 2,5 % setiap hari melalui rute oral. Setelah 2 minggu, 15 ekor tikus di bagi menjadi kelompok kontrol hipertensi, kelompok pemberian tempol dan kelompok pemberian ekstrak (50, 100 dan 200 mg/kg). Ekstrak, salin dan tempol diberikan dalam 3 kali pengulangan dengan interval waktu 1 jam. Tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik hewan diukur sebelum dan setelah pemberian pada setiap interval pengulangan dosis. Semua tikus dianastesi untuk diukur tekanan darah secara langsung pada arteri karotis menggunakan Biopac® System MP150. Data disajikan dalam persen perubahan ± standar eror. Data dianalisis dengan two-way ANOVA dan Tukey’s HSD dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukan ekstrak etanol buah labu siam menurunkan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik pada dosis 50mg/kg secara bermakna (P<0.05). Ekstrak pada dosis 100mg/kg dan 200mg/kg tidak menunjukan pengaruh yang bermakna terhadap tekanan darah sistolik dan diastolik. Kata Kunci : Ekstrak etanol buah labu siam (Sechium edule (Jacq). Sw), aktivitas antihipertensi, tekanan darah, prednison 1,5 mg/kg and NaCl 2,5 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 09 Dec 2016 04:22
Last Modified: 09 Dec 2016 04:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19841

Actions (login required)

View Item View Item