PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA FRAKSI BIJI PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT PUTIH JANTAN

rizki, yora oktriandita (2016) PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA FRAKSI BIJI PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT PUTIH JANTAN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak pakai cover.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
2. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB AKHIR)
3. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. TUGAS AKHIR FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pepaya (Carica papaya L.) merupakan salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk pengobatan karena aktivitas farmakologinya. Salah satu bagian dari tanaman ini yang mempunyai manfaat sebagai obat adalah bijinya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari beberapa fraksi dari biji pepaya terhadap kadar glukosa darah mencit putih jantan. Fraksi yang akan diamati yaitu fraksi n-heksana, fraksi etil asetat dan fraksi sisa. Sebanyak 25 ekor mencit sehat dengan berat 20-30 gram digunakan dalam penelitian ini. Mencit dibagi menjadi lima kelompok yang masing-masingnya terdapat lima ekor mencit. Kelompok pertama diberikan Na CMC 0,5%. Kelompok kedua diberikan ekstrak etanol biji pepaya dengan dosis 56 mg/kgBB. Kelompok ketiga diberikan fraksi n-heksana dosis 56 mg/kgBB. Kelompok keempat diberikan fraksi etil asetat dosis 56 mg/kgBB. Kelompok kelima diberikan fraksi sisa dosis 56 mg/kgBB. Pengukuran kadar glukosa darah dilakukan menggunakan alat glukotest. Kadar glukosa darah mencit diukur pada hari ke- 0, 7, 14, dan 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua fraksi tidak menujukkan adanya perubahan kadar glukosa darah secara signifikan dibuktikan dengan hasil analisa statistik ANOVA yang menunjukkan nilai P=0,147 (P>0,05) pada kelompok perlakuan dan pada lama pemberian menunjukkan nilai P=0,957 (P>0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemberian ketiga fraksi ini tidak memberikan pengaruh terhadap kadar glukosa darah mencit putih jantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 07 Dec 2016 07:09
Last Modified: 07 Dec 2016 07:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19832

Available Versions of this Item

  • PENGARUH PEMBERIAN BEBERAPA FRAKSI BIJI PEPAYA (Carica papaya L.) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH MENCIT PUTIH JANTAN. (deposited 07 Dec 2016 07:09) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item