STUDI VARIASI GENETIK IKAN HAMPALA DARI DANAU SINGKARAK DAN MANINJAU DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK RAPD (Random Amplified Polymorphic DNA)

ISMAYENI, ISMAYENI (2016) STUDI VARIASI GENETIK IKAN HAMPALA DARI DANAU SINGKARAK DAN MANINJAU DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK RAPD (Random Amplified Polymorphic DNA). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Tugas Akhir Ilmiah Upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Telah dilakukannya penelitiaan untuk mengetahui variasi genetik ikan Hampala di Danau Singkarak dan Maninjau Sumatera Barat dengan menggunakan teknik RAPD. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Maret hingga Juli 2016, di Laboratorium Genetika dan Biologi Sel, Jurusan Biologi, Universitas Andalas. Sampel dikoleksi dari Danau Singkarak dan Maninjau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan koleksi langsung di lapangan, dan sampel DNA di analisis dengan teknik RAPD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai heterozigositas H.macrolepidota dan Hampala sp. di Danau Maninjau ialah H= 0,19280 dan 0,1645, H.macrolepidota dan Hampala sp. di Danau Singkarak ialah H= 1978 dan 0,2083. Sedangkan nilai gene flow tertinggi dari kedua populasi adalah Nm=1,1298 dengan nilai Gst = 0.3187. Hal ini menunjukkan bahwa variasi genetik intra dan antar populasi H. macrolepidota dan Hampala sp. ialah rendah dan keduanya masih tergolong spesies yang sama. Kata kunci : Hampala, variasi genetik, RAPD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 27 Dec 2016 03:31
Last Modified: 27 Dec 2016 03:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item