Kinerja Penyuluh Pertanian Di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP)Marapalam Wilayah Kerja Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang.

Debie, Azita (2016) Kinerja Penyuluh Pertanian Di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP)Marapalam Wilayah Kerja Kecamatan Lubuk Kilangan Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK WATERMARK.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img] Text (Skripsu Fulltext)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja penyuluh pertanian dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja penyuluh pertanian. Jenis penelitian ini adalah survey dengan mengambil 5 orang penyuluh responden yang ada di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Marapalam Wilayah Kerja Kecamatan Lubuk Kilangan, dilakukan secara sengaja (purposive). Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dengan menggunakan kuisioner kepada penyuluh pertanian. Data primer yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif secara kuantitatif dengan menggunakan kriteria teknik pemberian skor, kemudian data tersebut disajikan secara deskriptif kualitatif berdasarkan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan kinerja penyuluh pertanian dalam menyelesaikan tugas pokok termasuk kategori tinggi. Beberapa indikator yang menghasilkan kinerja dengan kategori tinggi antara lain ialah membuat monografi (potensi wilayah 1x setahun), melakukan identifikasi, membuat rencana kerja penyuluhan, membuat jadwal kegiatan pembinaan kelompok tani, membina kelompok tani pada wilayah binaan, membuat laporan hasil binaan kelompok tani, laporan rencana dan realisasi percontohan, membuat evaluasi perkembangan, menetapkan metode penyuluhan (individu, kelompok , massal). Faktor internal dan eksternal menentukan kinerja penyuluh pertanian secara berturut dari yang paling menentukan yaitu: 1) pendidikan, 2) ketersediaan sarana dan prasarana, 3) intensitas penyuluh, 4) jarak tempat tinggal. faktor lain yang perlu diperhatikan yaitu: usia, kebijakan pemerintah, serta masa kerja. Kata kunci : Kinerja, Penyuluh Pertanian, Faktor Internal-Eksternal Penyuluh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 08 Nov 2016 04:23
Last Modified: 08 Nov 2016 04:23
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19420

Actions (login required)

View Item View Item