ANALISIS PEMASARAN KARET RAKYAT DI KABUPATEN SIJUNJUNG

LISMARWATI, LISMARWATI (2016) ANALISIS PEMASARAN KARET RAKYAT DI KABUPATEN SIJUNJUNG. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
BAB AKHIR (KESIMPULAN).pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img] Text (TESIS LENGKAP)
TESIS UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Analisis Pemasaran Karet Rakyat di Kabupaten Sijunjung Oleh : Lismarwati (Di bawah bimbingan Yonariza dan Rusda Khairati) RINGKASAN Karet merupakan komoditi perkebunan yang sangat penting peranannya di Indonesia, selain sebagai sumber lapangan pekerjaan juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap devisa non migas, pemasok bahan baku karet dan berperan penting dalam mendorong pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru di wilayah pengembangannya. Di Kabupaten Sijunjung, karet merupakan salah satu komoditi perkebunan yang menjadi komoditi unggulan daerah namun sistim agribisnis, kelembagaan dan pemasarannya belum dikelola secara optimal. Untuk itu sangat dibutuhkan strategi pengembangan agribisnis, kelembagaan dan pemasaran yang nantinya diharapkan mampu mengoptimalkan sistim agribisnis, kelembagaan dan pemasaran karet serta dapat meningkatkan daya saing karet di Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran karet rakyat di Kabupaten Sijunjung, mengetahui sebaran harga (price spread) dan margin pemasaran serta share margin (share margin) pada masing-masing lembaga pemasaran karet rakyat di Kabupaten Sijunjung. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode survey. Penelitian ini menganalisis dan mengolah data secara kualitatif dan kuantitatif, kemudian hasil analisis tersebut diinterpretasikan lebih lanjut dalam pembahasan secara deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah petani karet di Kabupaten Sijunjung melakukan pemasaran karet mereka melalui dua saluran pemasaran dengan lembaga pemasarannya pedagang pengumpul desa dan pedagang besar serta pabrik. Adapun pola saluran pemasaran karet yang terbentuk ada dua macam, yaitu saluran pemasaran I : petani – pedagang pengumpul desa – pedagang besar – pabrik dan saluran pemasaran II : petani – pedagang besar – pabrik. Bentuk kelembagaan yang ada di Kabupaten Sijunjung adalah sistim kelembagaan tradisional dimana posisi pembeli dan pedagang tidak seimbang. Hal ini dapat dilihat dari lebih kuatnya posisi pedagang dari petani. Nilai margin pemasaran yang didapat dari hasil penelitian untuk saluran pemasaran I adalah 36,51% dan pola saluran pemasaran II adalah 34,90%. Hal ini terjadi karena rantai pemasaran pada saluran I lebih panjang dari saluran II sehingga margin pemasaran juga lebih tinggi. Demikian juga untuk nilai price spread pada masing-masing saluran pemasaran, saluran pemasaran II mempunyai sebaran harga (price spread) yang lebih merata dibanding saluran pemasaran I. Sedangkan untuk nilai bagian harga (share margin) pada masing-masing lembaga pemasaran, saluran pemasaran I lebih besar dari saluran pemasaran II. Besarnya jumlah keuntungan yang diambil oleh saluran pemasaran I jika dibanding saluran pemasaran II terjadi karena saluran pemasaran I memiliki banyak lembaga pemasaran. Dalam pemasaran karet rakyat di Kabupaten Sijunjung, berdasarkan penelitian maka yang paling efisien secara ekonomi adalah saluran II, hal ini dikarenakan terdapat dua indikator yang memenuhi kriteria efisiensi pemasaran dimana nilai farmer’s share dan rasio πi/Ci yang dipasarkan pada saluran pemasaran II lebih besar dari saluran pemasaran I. Diharapkan kedepannya petani karet dapat lebih aktif dan terbentuk dalam kelompok-kelompok tani sehingga dapat membentuk koperasi petani agar dapat melakukan pemasaran secara kolektif, memilih saluran pemasaran yang lebih efisien dan meningkatkan bargaining power petani dalam pembentukan harga. Dengan adanya penelitian ini diharapkan Pemerintah Kabupaten Sijunjung melalui instansi terkait dapat lebih memberikan bantuan dan pembinaan terhadap petani-petani karet yang ada. Pemerintah Kabupaten Sijunjung bekerja sama dengan pihak-pihak terkait dalam usaha pembentukan pasar lelang karet sehingga diharapkan dengan adanya pasar lelang tersebut petani dapat menjual karet mereka dengan harga yang lebih tinggi dan bersaing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu ekonomi pertanian
Date Deposited: 08 Nov 2016 03:13
Last Modified: 08 Nov 2016 03:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19415

Actions (login required)

View Item View Item