Strategi Pemasaran Pada Usaha Coklat Adam di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman

Eldawati, Eldawati (2016) Strategi Pemasaran Pada Usaha Coklat Adam di Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
TA full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran dalam sebuah usaha sangat menentukan bagaimana perkembangan kelangsungan hidup usahanyaPenelitian ini dilakukan di Kecamatan Sintuak Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman, yang dilaksanakan pada bulan mei sampai juli 2016,yang bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran Coklat Adam serta merumuskan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh pabrik Coklat Adam. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan total pembobotan matriks IFE berjumlah 2,684 artinya usaha Coklat Adam memiliki posisi internal yang kuat karena mampu menggunakan kekuatan yang ada untuk mengurangi kelemahan yang dimiliki. Total pembobotan matriks EFE berjumlah 3,128 yang artinya usaha Coklat Adam mampu menarik keuntungan dari peluang eksternal dan menghindari ancaman yang akan datang. Usaha Coklat Adam mendapatkan alternatif strategi yang diperoleh dari hasil analisis SWOT, dengan strategi SO memperluas daerah pemasaran Coklat Adam dengan membuka toko sendiri dan kerjasama dengan pusat oleh-oleh yang tersebar di Kabupaten Padang Pariaman. Strategi WO yaitu memperluas daerah pendistribusian dengan selalu bekerja sama dengan pemerintah setempat serta selalu mengikuti pameran dan melakukan promosi yang lebih intensif lagi dengan memperbaiki kemasan produk yang lebih menarik dan memperkenalkan produk melalui berbagai iklan dan internet (website). Strategi ST yaitu memperbanyak pedagang pengecer dan meningkatkan pelayanan serta mutu produk agar konsumen tetap setia mengkonsumsi produk Coklat Adam. Strategi WT yaitu memvariasikan harga produk untuk mempertahankan daya beli masyarakat. Startegi prioritas yang harus dilakukan oleh usaha Coklat Adam adalah strategi WO yaitu melakukan promosi yang lebih intensif lagi dengan memperbaiki kemasan produk yang lebih menarik dan memperkenalkan produk melalui berbagai iklan dan internet (website) dengan nilai TAS 6,394. Disarankan kepada pihak usaha agar menerapkan strategi untuk melakukan pertimbangan yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal dari usaha Coklat Adam serta sesuai dengan kebutuhan usaha. Kata Kunci : Usaha Coklat Adam, strategi pemasaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: s1 agribisnis agribisnis
Date Deposited: 08 Nov 2016 07:31
Last Modified: 08 Nov 2016 07:31
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19407

Actions (login required)

View Item View Item