PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN(BPSK) KOTA PADANG DALAM SENGKETA PERJANJIAN SEWA PERKARA NO.46/P3K/VI/2015

Asyari, Arif (2016) PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN(BPSK) KOTA PADANG DALAM SENGKETA PERJANJIAN SEWA PERKARA NO.46/P3K/VI/2015. Other thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
COVER BOY2.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab iv)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
A skripsi repishy IX1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi saat ini banyak sekali kegiatan usaha atau bisnis yang berhubungan lansung dengan konsumen Salah satunya kegiatan bisnis jasa penyewaan ruangan yang dikelola oleh swasta.Untuk mendapatkan jasa penyewaan dari pihak swasta, calon konsumen harus melakukan perjanjian dengan pelaku usaha. Dengan adanya perjanjian antara konsumen dan pelaku usaha, maka lahirlah hubungan hukum diantara mereka yaitu adanya hak dan kewajiban bagi masing-masing pihak. Namun dalam praktiknya, dalam kegiatan bisnis antara pelaku usaha dan konsumen, seringkali terjadi persoalan yang dapat menimbulkan kerugian pada kedua belah pihak terutama konsumen seringkali dianggap sebagai pihak yang lemah berhadapan dengan pelaku usaha atau kalangan perusahaan yang dianggap lebih kuat untuk itu adanya lembaga Perlindungan Konsumen BPSK berdasarkan amanat UUPK menjamin adanya perlindungan konsumen. Perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Bagaimana Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Pada Perkara No: 46/P3K/VI/2015 antara Melviza melawan Pt. Ramayana Lestari Sentosa Tbk, di BPSK Kota Padang serta Apa Pertimbangan Majelis dalam memutus Perkara No: 46/P3K/VI/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Yuridis Empiris, dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat dijelaskan bagaimana Penyelesaian Sengketa di BPSK Kota Padang dilaksanakan dengan cara yang cepat, sederhana dan tidak berbelit-belit serta Majelis dalam menjatuhkan putusannya telah sesuai dengan azas dan ketentuan Hukum Acara Perdata pada umumnya dan ketentuan lain sesuai dengan UUPK. Dalam pelaksanaan putusan Majelis terlihat memiliki rasa keadilan bagi para pihak yang bersengketa. Hal ini terlihat begitu konsisten dan bertanggung jawabnya para pihak dalam melaksanakan putusan tersebut. Saran dari penulis sebaiknya Agar setiap perkara yang menjadi kewenangan dan yang dilimpahkan kepada BPSK dapat terselesaikan dengan cara-cara yang sesuai dengan ketentuan serta pertimbangan hukum yang jelas dan Undang-Undang Tentang Perlindungan Konsumen lebih dipertegas lagi kekuatan hukumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 21 Nov 2016 09:27
Last Modified: 21 Nov 2016 09:27
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18744

Actions (login required)

View Item View Item