Pengaruh Psikoedukasi Keluarga Terhadap Klien Dan Kemampuan Klien Perilaku Kekerasan Dan Kemampuan Keluarga Dalam Merawat Di Rumah

EDO, GUSDIANSYAH (2016) Pengaruh Psikoedukasi Keluarga Terhadap Klien Dan Kemampuan Klien Perilaku Kekerasan Dan Kemampuan Keluarga Dalam Merawat Di Rumah. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Penutup)
BAB Penutup.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Tesis Full)
PENGARUH PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP KLIEN DAN KEMAMPUAN KLIEN PERILAKU KEKERASAN DAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gangguan jiwa dengan perilaku kekerasan meningkat di masyarakat, yang beresiko menciderai diri, orang lain dan lingkungan. Banyak keluarga yang tidak mampu merawat klien dirumah yang menyebabkan beban bagi keluarga, oleh karena itu dilakukan tindakan spesialis psikoedukasi keluarga yang dapat menurunkan angka kekambuhan pada klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap klien, kemampuan klien perilaku kekerasan dan kemampuan keluarga dalam merawat di rumah. Penelitian ini dilakukan diwilayah kerja Puskesmas Nanggalo dan Kuranji Kota Padang mulai dari tanggal 11 s/d 30 Juli 2016. Jenis penelitian adalah quasi-eksperimental dengan rancangan pretest and posttest with control group. Dengan sampel sebanyak 64 orang menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan respons klien menurun secara bermakna pada kelompok intervensi dan kontrol yaitu masing-masing sebesar 8,05 (32,20%) dan 4,50 (18,00%), kemampuan klien meningkat pada kelompok intervensi dan kontrol yaitu masing-masing sebesar 9,63 (17,20%) dan 4,40 (7,83%) dan kemampuan keluarga meningkat pada kelompok intervensi dan kontrol yaitu masing-masing sebesar 26,21 (25,21%) dan 23,40 (22,51%). Diharapkan kepada perawat dipuskesmas untuk bisa melaksanakan tindakan psikoedukasi kepada keluarga untuk menurunkan respons klien dan meningkatkan kemampuan klien dan kemampuan keluarga dalam merawat dirumah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 31 Oct 2016 08:24
Last Modified: 31 Oct 2016 08:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18689

Actions (login required)

View Item View Item