FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN TIDAK AMAN (UNSAFE ACTION) PEKERJA DI PT. AMANAH INSANILLAHIA BATUSANGKAR TAHUN 2016

Ivan, Agustian (2016) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TINDAKAN TIDAK AMAN (UNSAFE ACTION) PEKERJA DI PT. AMANAH INSANILLAHIA BATUSANGKAR TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skrip full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil pengamatan awal diketahui bahwa safety health environment belum terlakasana, masih ditemukan pekerja yang melakukan tindakan tidak aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan tindakan tidak aman pekerja di PT. Amanah Insanillahia Batusangkar Tahun 2016. Penelitian menggunakan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 orang pekerja di PT. Amanah Insanillahia yakni, bagian pengendali mutu, logistik, dan maintenance. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chisquare Test. Hasil analisis univariat didapatkan bahwa 48 (76,2%) melakukan tindakan tidak aman, Responden yang melakukan tindakan tidak aman pada responden berpengetahuan rendah adalah 22 (81,5%), responden yang memiliki sikap negatif sebanyak 41 (91,1%). pengawasan petugas yang kurang baik yaitu sebesar 38 (90,5%). Faktor yang berhubungan dengan tindakan tidak di PT. Amanah Insanillahia adalah sikap dan pengawasan, sedangkan yang tidak berhubungan adalah tingkat pengetahuan. Hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan yang bermaknan antara sikap dan pengawasan terhadap tindakan tidak aman. Bagi perusahaan diharapkan agar lebih memperhatikan dan mengawasi pekerja dalam melakukan pekerjaan untuk mengurangi risiko kecelakaan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:29
Last Modified: 28 Oct 2016 02:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18428

Actions (login required)

View Item View Item