Hubungan Faktor Risiko Ergonomi dan Beban Kerja dengan Keluhan Low Back Pain pada Pekerja Bagian Produksi PT Kunango Jantan Tahun 2016

Ryvo, Rahmadinata (2016) Hubungan Faktor Risiko Ergonomi dan Beban Kerja dengan Keluhan Low Back Pain pada Pekerja Bagian Produksi PT Kunango Jantan Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
Bab 6 Penutup.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Keluhan nyeri punggung bawah merupakan salah satu gangguan muskuloskeletal. Sebanyak 29% penyakit akibat kerja adalah nyeri punggung bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan faktor risiko ergonomi dan beban kerja dengan keluhan subyektif nyeri punggung bawah pada pekerja bagian produksi PT. Kunango Jantan Tahun 2016. Metode Desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan di bagian produksi PT.Kunango Jantan pada bulan September 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 78 orang. Cara pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Data diolah dengan SPSS dan dianalisis dengan uji statistik Chi-Square dengan derajat kepercayaan 95% (α= 0,05). Hasil Hasil penelitian dari 78 responden diketahui bahwa pekerja yang mengalami keluhan nyeri punggung bawah 84,6 %, pekerja yang mempunyai faktor risiko ergonomi berisiko tinggi 89,7%, pekerja yang mempunyai beban kerja yang berisiko 93,6%,. Faktor yang berhubungan dengan keluhan nyeri punggung bawah adalah faktor risiko ergonomi dengan p=0,017, sedangkan faktor yang tidak berhubungan dengan keluhan nyeri punggung bawah adalah beban kerja dengan p=0,577. Kesimpulan Terdapat hubungan yang bermakna antara faktor risiko ergonomi dengan keluhan nyeri punggung bawah pada pekerja bagian produksi PT. Kunango Jantan tahun 2016. Untuk meminimalisasi keluhan nyeri punggung bawah, diharapkan kepada pihak perusahaan agar melakukan upaya pencegahan dengan penyuluhan mengenai postur kerja yang benar dan memberikan waktu istirahat yang cukup bagi pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 28 Oct 2016 02:24
Last Modified: 28 Oct 2016 02:24
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18420

Actions (login required)

View Item View Item