“Studi Sinergisme Sinbiotik antara Prebiotik berbahan Resistant Starch Tipe III Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas (L.) Lam.) dan Probiotik pada Yoghurt”

Siti, Marfuah (2016) “Studi Sinergisme Sinbiotik antara Prebiotik berbahan Resistant Starch Tipe III Ubi Jalar Ungu (Ipomoea batatas (L.) Lam.) dan Probiotik pada Yoghurt”. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi_FuahChan_THP11.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan prebiotik berbahan resistant starch Tipe III Ubi Jalar Ungu terhadap pertumbuhan probiotik dan sinbiotik yoghurt. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui jumlah penambahan resistant starch Tipe III ubi jalar ungu yang terbaik pada pembuatan yoghurt sinbiotik. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan. Data dianalisis secara statistika dengan uji F dan jika berbeda nyata, dilanjutkan dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Perlakuan pada penelitian ini menggunakan penambahan resistant starch Tipe III ubi jalar ungu sebanyak 0%, 1%, 2%, 3%, 4% dan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan resistant starch tipe III ubi jalar ungu berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan Lactobacillus acidophillus (probiotik) pada yoghurt sinbiotik, ditandai dengan meningkatnya jumlah bakteri asam laktat. Perlakuan terbaik pada uji organoleptik yaitu pada produk D dengan penambahan resistant starch sebesar 3%. Panelis menyukai yoghurt sinbiotik perlakuan D dengan nilai penampakan 4,17, konsistensi 3,77, aroma 3,83 dan warna 3,07. Selain itu, juga diketahui bahwa yoghurt sinbiotik perlakuan terbaik memiliki kadar protein 1,01%, total padatan 34,42 %, pH 4,96, total asam tertitrasi 0,71 %, dan bakteri asam laktat 1,8 x 109 cfu/ml. Kata Kunci : Yoghurt, Sinbiotik, Resistant Starch Tipe III, Ubi Jalar Ungu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: s1 tekhasilpertanian fateta
Date Deposited: 27 Oct 2016 04:41
Last Modified: 27 Oct 2016 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/18132

Actions (login required)

View Item View Item