ANALISIS PERSEPSI TENAGA KESEHATAN TERHADAP FUNGSI CASE MANAJER DAN KELENGKAPAN PENDOKUMENTASIAN CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI DI RUANGAN IRNA NON BEDAH RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

Rebbi, Permata Sari (2016) ANALISIS PERSEPSI TENAGA KESEHATAN TERHADAP FUNGSI CASE MANAJER DAN KELENGKAPAN PENDOKUMENTASIAN CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI DI RUANGAN IRNA NON BEDAH RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB 1 OK.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII PENUTUP)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img] Text (Tesis Full Text)
tesis full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Terjadinya perubahan pola pelayanan kesehatan yang berfokus kepada pasien mengharuskan semua praktisi pemberi pelayanan kesehatan diantaranya dokter, perawat, nutrisionist dan apoteker membentuk pelaksanaan catatan perkembangan pasien terintegrasi, yang menuntut semua disiplin ilmu harus melengkapinya. Hasil observasi dari pelaksanaan Catatan perkembangan terintegrasi diruangan belum terlaksana secara optimal hal ini dibuktikan oleh masih ditemukan pedokumentasian catatan perkembangan pasien terintegrasi yang tidak lengkap oleh semua disiplin ilmu. Ketidaklengkapan catatan perkembangan pasien terintegrasi lebih banyak ditemukan pada kolom catatan perkembangan pengisian apoteker. Ini merupakan tugas case manager dalam melaksanakan fungsinya dan kondisi diruangan pada saat ini fungsi case manager belum terlaksana secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman yang mendalam mengenai persepsi tenaga kesehatan terhadap fungsi case manager dan kelengkapan pendokumentasian catatan perkembangan pasien terintegrasi di Ruangan IRNA Non Bedah RSUP Dr. M. Djamil Padang. Penelitian ini menggunakan metode mix method. Sampel penelitian ini adalah semua petugas kesehatan meliputi 12 orang Perawat, 3 orang dokter, 3 orang nutrisionist, 1 orang apoteker dan 198 cek dokumen dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian secara kuantitatif menunjukkan bahwa catatan perkembangan pasien terintegrasi 83,3% tidak lengkap dan secara kualitatif menunjukkan fungsi case manager dalam asessment utilitas berupa mengumpulkan dan memberikan informasi, fungsi perencanaan membuat dan melakukan beberapa intervensi, fungsi fasilitas dan advokat berupa melengkapi kebutuhan dan bekerja sesuai standar, fungsi koordinasi meningkatkan hubungan antar disiplin ilmu, fungsi evaluasi dengan melaksanakan supervisi dan pemantauan tenaga kesehatan dan keefisienan fungsi case manager menjalankan fungsi tindak lanjut rencana pulang. Saran untuk dalam peneitian ini adalah mensosialisasikan peran, tugas dan fungsi case manager, serta meningkatkan jenjang karir case manager agar pelaksanaan pelayanan kesehatan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 27 Oct 2016 01:34
Last Modified: 27 Oct 2016 01:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17915

Actions (login required)

View Item View Item