PENDAPAT MAHASISWA TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI DOSEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Deskriptif Pada Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas )

PERI, IRAWAN (2016) PENDAPAT MAHASISWA TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI DOSEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Deskriptif Pada Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas ). Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1.ABSTRAK. upload.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2.BAB I pendahuluan upload.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN)
3.BAB V kesimpulan upload.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
4.DAFTAR PUSTAKA. upload.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
skripsi full pdf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENDAPAT MAHASISWA TERHADAP PERILAKU KOMUNIKASI DOSEN DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Deskriptif Pada Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas ) OLEH: PERI IRAWAN 1210861004 Pembimbing: Dr. Ernita Arif, M.Si M.A Dalmenda, M.Si Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Andalas merupakan dosen yang berasal dari lulusan dalam dan luar negeri sehingga mereka merupakan komunikator yang handal dalam menyampaikan pesan dalam berkomunikasi. Selama masa perkuliahan hingga menjadi seorang dosen tentunya sudah banyak belajar dan menguasai segala aspek tentang Ilmu Komunikasi, termasuk bagaimana cara mempengaruhi orang lain. Penelitian ini mendeskripsikan perilaku komunikasi dosen jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unand dalam proses pembelajaran. Untuk memahami perilaku komunikasi dosen tersebut, maka peneliti mendeskripsikannya menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik yang dikemukakan oleh George Herbert Mead dengan tiga pokok pemikiran utama, yaitu Self, Mind, dan Society, serta menganalisis perilaku komunikasi melalui komunikasi verbal dan non verbal dosen dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi partisipan dan wawancara dengan komting tiga angakatn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam kelas dosen menggunakan pesan komunikasi verbal dan non verbal dalam proses pembelajaran. Dari segi komunikasi verbal dosen umumnya menggunakan bahasa Indonesia dan beberapa istilah asing dalam menyampaikan materi. Selain itu, dari segi komunikasi non verbal dosen menggunakan ekspresi wajah, isyarat dan gerakan tubuh, penampilan, dan nada suara dalam menarik perhatian mahasiswa. Secara umum mahasiswa di kelas lebih senang dengan dosen yang banyak interaksi dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Perilaku Komunikasi, Dosen, Verbal, Non Verbal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 27 Oct 2016 03:49
Last Modified: 27 Oct 2016 03:49
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17857

Actions (login required)

View Item View Item