Hubungan Karakteristik, Beban Kerja dan Motivasi Kerja Perawat Pelaksana Dengan Pelaksanaan Standar Prosedur Operasional (SPO) Pemberian Obat Oral di RS X Dumai

AZRI, YANI NURMAN (2016) Hubungan Karakteristik, Beban Kerja dan Motivasi Kerja Perawat Pelaksana Dengan Pelaksanaan Standar Prosedur Operasional (SPO) Pemberian Obat Oral di RS X Dumai. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak English dan Indonesia Watermark.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB Akhir Watermark.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka Watermark.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview
[img] Text (Thesis utuh)
Thesis utuh2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Kualitas pelayanan keperawatan Rumah Sakit dipengaruhi oleh beban kerja perawat di ruangan rawat inap , motivasi perawat dalam melaksanakan tindakan pemberian obat oral sesuai dengan standar prosedur operasional. Tujuan penelitian ini menganalisis hubungan karakteristik, beban kerja dan motivasi kerja perawat pelaksana dengan pelaksanaan standar prosedur operasional pemberian obat oral di ruang rawat inap RS X Dumai. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunaan desain observasional analytic dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah 67 perawat di Ruang rawat Inap RS X Kota Dumai. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara umur, pendidikan, jenis kelamin, dan lama kerja. Dan ada hubungan yang bermakna antara beban kerja dan motivasi kerja dengan pelaksanaan yang bermakna antara beban kerja dan motivasi kerja dengan pelaksanan standar prosedur operasional kerja p value = 0,005 dan p value = 0,000 (p < 0,05), serta motivasi kerja adalah faktor yang paling dominan dalam pelaksanaan standar prosedur operasional pemberian obat oral (nilai OR = 7,686). Disarankan kepada pimpinan rumah sakit melakukan supervisi dan sosialisasi, penilaian kerja terkait pelaksanaan standar prosedur operasional pemberian obat oral dan optimalisasi beban kerja perawat di ruang rawat inap RS X Kota Dumai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 28 Oct 2016 03:40
Last Modified: 28 Oct 2016 03:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17818

Actions (login required)

View Item View Item