Hubungan Motivasi Diri Dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberculosis (OAT) Pada Pasien TB Paru Di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2016

RAHMAYUNI, RAHMAYUNI (2016) Hubungan Motivasi Diri Dengan Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberculosis (OAT) Pada Pasien TB Paru Di Puskesmas Andalas Padang Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak yuni.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 (Pendahuluan))
2. BAB 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir (Penutup/Kesimpulan))
3. BAB Akhir.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tuberkulosis merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang belum bisa diatasi terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Besarnya angka ketidakpatuhan berobat akan mengakibatkan tingginya angka kegagalan pengobatan. Waktu pengobatan yang lama menyebabkan pasien sering terancam putus berobat selama masa penyembuhan, untuk itu diperlukan kepatuhan dalam menjalani pengobatan. Motivasi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kepatuhan pasien TB dalam mengkonsumsi obat anti tuberculosis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi diri dengan kepatuhan minum obat anti tuberculosis pada pasien TB paru di puskesmas Andalas Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional yang dilakukan pada 41 orang pasien TB Paru dengan teknik total sampling. Analisis yang digunakan adalah uji chi-square. Hasil penelitian menujukkan bahwa sebagian besar (73,2%) pasien TB Paru memiliki motivasi tinggi dan lebih dari separuh (68,3%) pasien TB Paru patuh minum obat anti tuberculosis. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna antara motivasi diri (p value = 0,000) dengan kepatuhan minum obat anti tuberculosis. Bagi pihak Puskesmas untuk lebih meningkatkan pengawasan serta memberikan perhatian lebih khususnya pasien TB Paru lansia yang mempunyai motivasi tinggi untuk sembuh tapi terkendala dengan tidak adanya pengawasan keluarga dengan cara melakukan kunjungan rumah dan memberikan tanggung jawab kepada petugas kesehatan sebagai PMO (Pengawas Minum Obat) untuk mengawasi dan mengingatkan untuk minum obat. Dan untuk pasien TB yang mempunyai motivasi rendah agar selalu diberikan dukungan dan pengertian akan pentingnya kepatuhan dalam menjalani pengobatan agar pasien TB paru dapat termotivasi dalam menjalani pengobatan sehingga tercapainya kesembuhan penyakit TB paru secara optimal. Kata Kunci : kepatuhan minum OAT, motivasi, tuberculosis Daftar Pustaka : 69 (2000-2014)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Oct 2016 04:34
Last Modified: 25 Oct 2016 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17695

Actions (login required)

View Item View Item