Analisis Faktor-Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Hipertensi Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Sitiung II Kabupaten Dharmasraya Tahun 2016

Nadia, Prima Putri (2016) Analisis Faktor-Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Hipertensi Pada Lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Sitiung II Kabupaten Dharmasraya Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hipertensi merupakan salah satu penyakit degeneratif yang menjadi masalah kesehatan dunia sebagai faktor risiko utama penyakit kardiovaskuler penyebab morbiditas dan mortalitas pada lansia. Peningkatan angka hipertensi dipengaruhi oleh berbagai faktor baik faktor yang dapat dikendalikan maupun tidak dapat dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan beberapa faktor risiko hipertensi pada lansia di Nagari Padukuan wilayah kerja Puskesmas Sitiung II Dharmasraya dengan penelitian survei analitik melalui pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada September 2016 dengan jumlah sampel 164 lansia menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terpimpin menggunakan kuesioner Fagerstrom Nicotine Dependence (FND), Global Physical Activity Questionnaire (GPAQ), dan Depression Anxiety Stress Scales 42 (DASS 42) serta pemeriksaan fisik berupa pengukuran tinggi, berat badan dan tekanan darah responden. Analisis data dilakukan secara bertahap mencakup univariat, bivariat menggunakan uji chi square dan multivariat dengan metode Backward-Wald pada program komputerisasi. Hasil penelitian menunjukkan proporsi hipertensi sebesar 68,3%, faktor risiko yang berhubungan dengan hipertensi adalah jenis pekerjaan (p=0,029) dan tingkat stres (p=0,019), sedangkan faktor risiko utama hipertensi adalah tingkat stres dengan nilai p=0,007 dan koefisien B adalah 0,858 pada lansia di Nagari Padukuan. Diharapkan kepada lansia maupun keluarga agar dapat mengontrol tingkat stres pada lansia dan kepada puskesmas agar dapat meningkatkan kegiatan penyuluhan dalam mengontrol tingkat stres guna menurunkan angka hipertensi pada lansia. Kata kunci : faktor risiko, hipertensi, lansia. Daftar Pustaka : 87 (1990-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:58
Last Modified: 25 Oct 2016 02:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17633

Actions (login required)

View Item View Item