Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Efikasi Diri Ibu dalam Pemberian Asi Ekslusif di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang

Mefita, Hudriyah (2016) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Efikasi Diri Ibu dalam Pemberian Asi Ekslusif di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB VII.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
SKRIPSI MEFITA HUDRIYAH .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasil survei demografi menunjukan bahwa cakupan ASI Eksklusif di Indonesia 54,3% dan untuk daerah Sumatera Barat yaitu Padang 72,14%. Angka tersebut belum mencapai target yaitu 80% yang telah ditetapkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Salah satu mencapai kesuksessan dalam menyusui eksklusif ialah self efficacy. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang berhubungan dengan efikasi diri ibu dalam pemberian ASI ekslusif. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional, yang dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Seberang Padang.. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisa data menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan pengalaman menyusui eksklusif, pengalaman melihat orang lain menyusui eksklusif,dukungan suami menyusui eksklusif dengan efikasi diri menyusui dengan nilai p= 0,000. Diharapkan kepada institusi pendidikan dan pelayanan keperawatan dapat meningkatkan edukasi dan kolaborasi untuk meningkatkan efikasi diri menyusui eksklusif . Kata kunci : ASI eksklusif, dukungan suami, efikasi diri, pengalaman menyusui, pengalaman melihat orang lain menyusui. Daftar Pustaka : 40 (1977 – 2015)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 25 Oct 2016 03:26
Last Modified: 25 Oct 2016 03:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17593

Actions (login required)

View Item View Item