Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Kondom pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Yayasan Taratak jiwa Hati Padang Tahun 2016

Henita, Eka Putri (2016) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Kondom pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Yayasan Taratak jiwa Hati Padang Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB I .pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
3. BAB AKHIR .pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

HIV/AIDS yang angka kejadiannya terus meningkat tentu tidak terlepas dari transmisi. Salah satu upaya pencegahan transmisi oleh ODHA adalah dengan melakukan seks aman yaitu menggunakan kondom secara konsisten. Namun penggunaan kondom secara konsisten oleh ODHA masih rendah. Banyak faktor yang mempengaruhinya seperti karakteristik individu, pengetahuan, dukungan sosial, stigma dan diskriminasi, serta efikasi diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan kondom pada ODHA. Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner HIV-KQ-18 untuk mengukur pengetahuan, MSPSS untuk mengukur dukungan sosial, HFSS untuk mengukur social adjustment, dan CUSES untuk mengukur self-efficacy. Penelitian dilakukan di Yayasan Taratak Jiwa Hati Padang selama 30 hari mulai dari 28 Juni-28 Juli 2016 dengan sampel 59 orang yang diambil secara purposive sampling. Data dianalisa menggunakan chi-square dan didapatkan bahwa ada hubungan antara pengetahuan (p=0,000), social adjustment (p=0,000), dan self-efficacy (p=0,002) dengan penggunaan kondom. Sedangkan tidak terdapat hubungan antara karakteristik usia (p=0,960), pendidikan (p=0,332), lama terdiagnosa HIV(p=0,084), serta dukungan sosial (p=0,144) terhadap penggunaan kondom. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada pihak Yayasan untuk meningkatkan fungsi pendampingan serta pemberian informasi dan motivasi pada ODHA dalam penggunaan kondom secara konsisten dengan meningkatkan konseling dan sosialisasi penggunaan kondom, serta melalui fungsi kelompok dukungan sebaya. Kata kunci : kondom, efikasi, HIV/AIDS Daftar Pustaka : 68 (1994-2016)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program Profesi Ners
Date Deposited: 21 Oct 2016 07:07
Last Modified: 21 Oct 2016 07:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17591

Actions (login required)

View Item View Item