HUBUNGAN FUNGSI MANAJEMEN KEPALA RUANGAN DENGAN KELENGKAPAN PENDOKUMENTASIAN PERAWAT BERDASARKAN AKREDITASI KARS 2012 DI RAWAT INAP RSUD SOLOK

witri, witri (2016) HUBUNGAN FUNGSI MANAJEMEN KEPALA RUANGAN DENGAN KELENGKAPAN PENDOKUMENTASIAN PERAWAT BERDASARKAN AKREDITASI KARS 2012 DI RAWAT INAP RSUD SOLOK. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vii)
SIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PROGRAM STUDI S2 KEPERAWATAN KEKHUSUSAN KEPEMIMPINAN DAN MANAJEMEN KEPERAWATAN FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS ANDALAS Tesis , September 2016 Witri Hubungan Fungsi Manajemen Kepala Ruangan Dengan Kelengkapan Pendokumentasian Perawat Berdasarkan Akreditasi KARS 2012 Di Rawat Inap RSUD Solok viii+ 83 hal + 7 tabel + 12 lampiran + 2 skema Abstrak Peningkatan pelayanan yang bermutu berhubungan erat dengan pelaksanaan fungsi manajemen kepala ruangan yang tergambar dari pendokumentasian asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan pelaksanaan fungsi manajemen kepala ruangan dengan kelengkapan pendokumentasian perawat berdasarkan akreditasi KARS 2012 di Ruang Rawat Inap RSUD Solok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat diruang rawat inap RSUD Solok yang berjumlah 147 orang dengan 109 sampel. Teknik pengampilan sampel secara proporsional random sampling dengan menyebarkan kuesioner dan observasi rekam medis pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi manajemen kepala ruangan sebagian besar baik dan lebih dari separoh kelengkapan pendokumentasian keperawatan versi KARS di RSUD Solok adalah terpenuhi sebagian. Hasil uji bivariat didapatkan nila p value < 0,05 (0,00) berarti adanya hubungan antara fungsi pengawasan dengan kelengkapan pendokumentasian perawat berdasarkan akreditasi KARS 2012 di RSUD Solok. Saran penelitian agar rumah sakit lebih meningkatkan fungsi pengawasan dari kepala ruangan yang sudah ada dengan melatih kembali cara kepala ruangan dan melakukan penilaian kembali tentang kelengkapan pendokumentasian keperawatan secara berkala. Kata kunci : fungsi manajemen, dokumentasi perawat, KARS 2012 Daftar pustaka: 67 ( 1998-2015)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 13 Oct 2016 07:34
Last Modified: 13 Oct 2016 07:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item View Item