KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KONSELING BIDAN PADA PELAKSANAAN PELAYANAN KB (Studi Kasus di Puskesmas Gambok Kabupaten Sijunjung)

Dewi, Mayza Lenny (2016) KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KONSELING BIDAN PADA PELAKSANAAN PELAYANAN KB (Studi Kasus di Puskesmas Gambok Kabupaten Sijunjung). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. Bab 1.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
3. Bab V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
5. tesis 2016 Dewi Mzl.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KONSELING BIDAN PADA PELAKSANAAN PELAYANAN KB (Studi Kasus di Puskesmas Gambok Kabupaten Sijunjung) Oleh: Dewi Mayza Lenny BP. 1420869016 Pembimbing: Dr. Asmawi. MS Dr. Ernita Arif. M.Si Penelitian ini membahas tentang komunikasi interpesonal dalam konseling bidan di Puskesmas Gambok Kabupaten Sijunjung pada pelaksanaan pelayanan Keluarga Berencana (KB). Saat ini kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) yang dilakukan bidan kepada masyarakat belum mampu mengubah nilai tentang jumlah anak ideal yang diinginkan maupun perilaku masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kontrasepsi sesuai kebutuhan. Pada kondisi inilah dituntut keterampilan komunikasi bidan sehingga tujuan dari kegiatan konseling dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 4 (empat) orang Bidan yang dipilih sesuai kriteria yang telah peneliti tentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bidan yang melaksanakan komunikasi interpersonal dalam konseling telah mengikuti pelatihan komunikasi interpesonal dalam konseling terlebih dahulu dan memahami konsep-konsep dalam pelaksanaan pelayanan keluarga berencana; (2) Perilaku komunikasi interpersonal bidan meliputi ; a) pengetahuan tentang komunikasi interpersonal bidan karena pengetahuan merupakan hasil “tahu” yang terjadi setelah bidan mendengarkan, melihat klien untuk membantu klien belajar dan merubah perilaku, b) keterampilan-keterampilan mikro seperti observasi, memantapkan hubungan, mendengar aktif, bertanya efektif dan mengakhiri hubungan, c) hambatan komunikasi yang terjadi diantaranya klien yang kurang interaktif, diam selama pelaksanaan konseling, karakteristik klien dengan tingkat pendidikan yang rendah, bidan yang memiliki waktu terbatas dalam pelaksanaan konseling KB. Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Konseling Bidan, KB, Puskesmas Gambok

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:25
Last Modified: 11 Oct 2016 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17299

Actions (login required)

View Item View Item