Pengaruh Terapi Assertiveness Training Terhadap Depresi Pada Remaja Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu

Hetty, Fuspita (2016) Pengaruh Terapi Assertiveness Training Terhadap Depresi Pada Remaja Di Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB Akhir)
Bab Akhir.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis, HETTY FUSPITA, BP 1421312005.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Depresi terjadi pada remaja dikarenakan apabila remaja ada masalah mereka tidak mampu mengungkapkan perasaan dan pikiran negatifnya kepada orang lain. Apabila depresi ini berlarut dapat berdampak menjadi ide atau tindakan bunuh diri. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan remaja dalam mengungkapkan pikiran dan perasaan negatif kepada orang lain melalui terapi assertiveness training. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi assertiveness training terhadap depresi pada remaja di Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu. Desain penelitian quasi experiment dengan pendekatan pre test and post test design with group control. Sampel berjumlah 80 orang dengan simple random sampling. Hasil penelitian adalah rata-rata depresi remaja pada kelompok intervensi sebelum diberikan terapi sebesar 14,10 dan setelah diberikan terapi sebesar 7,98 dengan p value = 0,000, artinya ada perbedaan yang bermakna depresi remaja antara sebelum dan setelah diberikan terapi assertiveness training pada kelompok intervensi. Saran pihak sekolah untuk bekerjasama dengan pihak pelayanan kesehatan dalam pembentukan kelompok peer group untuk melakukan terapi assertiveness training dan sosialisasi manajemen stres dalam upaya pencegahan terjadi depresi pada remaja serta menambah program kesehatan jiwa dalam usaha kesehatan sekolah. Kata kunci : Depresi, Assertiveness Training, Remaja Daftar Pustaka : 94 (2002-2016)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 11 Oct 2016 06:29
Last Modified: 11 Oct 2016 06:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17297

Actions (login required)

View Item View Item