ANALISA BANGUNAN SEDERHANA PADA TANAH TERLIKUIFAKSI DI KOTA PADANG (STUDI KASUS : BANGUNAN RUMAH MASYARAKAT DI KOTA PADANG)

EGI, ATHARI (2014) ANALISA BANGUNAN SEDERHANA PADA TANAH TERLIKUIFAKSI DI KOTA PADANG (STUDI KASUS : BANGUNAN RUMAH MASYARAKAT DI KOTA PADANG). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
Egi Athari (1010923002).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Likuifaksi (liquefaction) merupakan salah satu bahaya yang ditimbulkan dari gempa bumi. Pada saat gempa terjadi tanah mengalami perubahan sifat dari solid ke liquid akibat beban siklik yang diterima. Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengidentifikasi struktur bangunan rumah satu lantai terhadap tanah terlikuifaksi dan menganalisa penurunan yang terjadi akibat tanah dan beban bangunan ditinjau berdasarkan tebal plat lantai yang digunakan sebagai perkutan struktur. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode analisa struktur dengan menggunakan data tanah exsisting bangunan berdasarkan hasil uji Cone Penetration Test (CPT). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literature yang kemudian dianalisis menggunakan software SAP 2000 versi 11. Hasil analisis dari titik tinjau luar dan dalam bangunan memperlihatkan bahwa gaya dalam pada kolom mengalami penurunan nilai gaya. Penurunan diakibatkan oleh diberikannya pelat pada dasar lantai sehingga struktur menjadi kaku sedangkan momen lintang dan normal mengalami penurunan yang signifikan. Sedangkan penurunan bangunan yang terjadi setelah diberikannya plat lantai menjadi seragam sehingga penggunaan plat lantai dasar dapat dijadikan sebagai metoda baru dalam persoalan penurunan bangunan. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pemerintah agar menjadi pertimbangan dalam membuat kebijakan terhadap bangunan yang berada pada tanah terlikuifaksi. Kata Kunci : Gempa Bumi, Liquifaksi, Base Plate

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Mr Zainal Abidin
Date Deposited: 05 Oct 2016 03:56
Last Modified: 05 Oct 2016 03:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17205

Actions (login required)

View Item View Item