IDENTIFIKASI SOIL TRANSMITTED HELMINTHS PADA SELADA DAUN (Lactuca sativa var.crispa L.) YANG DIJUAL DI PASAR DAN DI PEDAGANG PECEL LELE/AYAM SEKITAR PASAR KOTA PADANG PANJANG PADA BULAN MEI 2016

Farisah, Izzati (2016) IDENTIFIKASI SOIL TRANSMITTED HELMINTHS PADA SELADA DAUN (Lactuca sativa var.crispa L.) YANG DIJUAL DI PASAR DAN DI PEDAGANG PECEL LELE/AYAM SEKITAR PASAR KOTA PADANG PANJANG PADA BULAN MEI 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1 Abstrak.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1 Pendahuluan)
2 BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB akhir penutup kesimpulan)
3 BAB akhir Penutup Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full teks)
5 Skripsi utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penyakit kecacingan terutama yang disebabkan oleh Soil Transmitted Helminths (STH) masih menjadi masalah di Indonesia. Mengkonsumsi sayuran mentah seperti selada daun yang semakin digemari masyarakat merupakan salah satu faktor risiko penyakit ini. Selada daun ditanam dalam posisi duduk sehingga daunnya yang lebar dan berlekuk bersentuhan dengan tanah. Ini memungkinkan STH yang membutuhkan tanah untuk perkembangannya dapat menempel pada selada daun. STH yang ada di sayur tersebut akan tertelan oleh manusia jika tidak dicuci dengan bersih sebelum dikonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya STH pada selada daun yang dijual di pasar dan pedagang pecel lele/ayam sekitar pasar Kota Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dan dilaksanakan pada bulan Desember 2015-Agustus 2016. Sampel di ambil di Padang Panjang dan diperiksa di laboratorium parasitologi FK Unand dengan metode sedimentasi dan diidentifikasi menggunakan mikroskop. Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 33 dari 87 sampel (38%) yang diambil di pasar positif STH. Sedangkan pada sampel yang diambil di pedagang pecel lele/ayam, 2 dari 7 sampel (29%) juga positif STH. Jenis STH yang ditemukan adalah telur Ascaris lumbricoides, telur dan larva cacing tambang yang menyerang manusia, larva dan cacing dewasa hidup bebas Strongyloides stercoralis dan telur Trichostrongylus orientalis. Kata Kunci : Soil Transmitted Helminths, selada daun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 03 Oct 2016 04:41
Last Modified: 03 Oct 2016 04:41
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17096

Actions (login required)

View Item View Item