EKSEKUSI JAMINAN HAK TANGGUNGAN DALAM HAL TERJADINYA KREDIT MACET PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) Tbk, CABANG PEKANBARU

RAHMI, FEBRINA (2016) EKSEKUSI JAMINAN HAK TANGGUNGAN DALAM HAL TERJADINYA KREDIT MACET PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (Persero) Tbk, CABANG PEKANBARU. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
bab 1.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
bab akhir.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu bentuk penyaluran dana bank kepada masyarakat, yaitu dalam bentuk kredit merupakan pilihan utama bank. Pada dasarnya pemberian kredit oleh bank diberikan kepada siapa saja dengan syarat melalui suatu perjanjian utang piutang diantara kreditur dan debitur. Demi keamanan pemberian kredit tersebut dalam arti utang piutang dari pihak yang meminjam terjamin dengan adanya jaminan. Agunan kredit dilakukan dengan pengikatan secara notaril dengan membuat akta Perjanjian kredit dan pengikatan untuk jaminan hak tanggungan dengan akta Pemberian Hak Tanggungan (APHT) yang dibuat oleh Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Permasalahan dalam tesis ini adalah bagaimana pelaksanaan eksekusi jaminan hak tanggungan dalam hal terjadinya kredit macet pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Cabang Utama Pekanbaru?, Permasalahan yang muncul dalam pelaksanaan eksekusi benda jaminan hak tanggungan dan penyelesaiannya. Penelitian hukum menggunakan pendekatan yuridis empiris, yaitu suatu penelitian yang menggunakan metode pendekatan terhadap masalah dengan melihat norma-norma hukum yang berlaku kemudian dihubungkan dengan fakta-fakta hukum yang terdapat dilapangan. Dalam penulisan ini diperoleh data dari penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian di lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan studi dokumen dan wawancara. Dalam permohonan kredit pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Cabang Utama Pekanbaru calon debitur terlebih dahulu dianalisa melalui 2 analisa yaitu analisa keuangan dan analisa jaminan. Setelah semua persyaratan diterima oleh bank maka akan dilakukan pengikatan kredit dengan penandatanganan akta Perjanjian Kredit dan Akta Pembebanan Hak Tanggungan (APHT). Setelah Akta Pembebanan Hak Tanggungan ditandatatangani didaftarkan pada Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pekanbaru. Dalam prakteknya jika terjadi wanprestasi maka PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk akan mengeksekusi benda jaminan hak tanggungan melalui dua cara yaitu melalui prosedur lelang di Kantor Pelayanan Piutang Kekayaan Negara dan Lelang (KP2KNL) dan eksekusi dengan penjualan secara cessie. Kata kunci : Eksekusi, Jaminan Hak Tanggungan, Kredit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 kenotariatan kenotariatan
Date Deposited: 10 Oct 2016 01:19
Last Modified: 10 Oct 2016 01:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/17038

Actions (login required)

View Item View Item