HUBUNGAN STATUS KOMORBID PENYAKIT KARDIOVASKULAR DENGAN LAMA HAR RAWAT PADA PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK) DI RSUP DR. M. DJAMIL TAHUN 2015

WIDYA, GUSNIZAL FITRI (2016) HUBUNGAN STATUS KOMORBID PENYAKIT KARDIOVASKULAR DENGAN LAMA HAR RAWAT PADA PASIEN PENYAKIT PARU OBSTRUKTIF KRONIK (PPOK) DI RSUP DR. M. DJAMIL TAHUN 2015. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Rata-rata lama hari rawat pada pasien PPOK di RSUP Dr. M. Djamil meningkat dari 9 hari pada tahun 2010 menjadi 11 hari di tahun 2013. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan status komorbid penyakit kardiovaskular dengan lama hari rawat pada pasien PPOK. Metode Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desai cohort retrospektif. Dilakukan dengan menganalisis data rekam medis pasien rawat inap bagian paru RSUP Dr. M. Djamil tahun 2015. Sampel dari penelitian ini adalah pasien yang didiagnosis menderita PPOK tahun 2015 yang berjumlah 86 sampel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengolahan data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivariat (Cox Proportional Hazard). Hasil Lebih dari setengah pasien PPOK disertai dengan komorbid penyakit kardiovaskular. Variabel yang berhubungan dengan lama hari rawat pada pasien PPOK adalah status komorbid penyakit kardiovaskular (HR=3,2) dan status pembiayaan (HR= 5,2), sedangkan umur, jenis kelamin, dan riwayat merokok tidak terdapat hubungan bermakna. Status pembiayaan merupakan confounder dalam hubungan status komorbid penyakit kardiovaskular dengan lama hari rawat pada pasin PPOK. Kesimpulan Status komorbid penyakit kardiovaskular dan status pembiayaan merupakan variabel yang berhubungan dengan lama hari rawat pada pasien PPOK. Semua variabel memenuhi asumsi PH. Kelompok dengan komorbid penyakit kardiovaskular memiliki lama hari rawat 3,613 kali lebih panjang setelah dikontrol oleh variabel status pembiayaan sebagai konfounding. Disarankan kepada RSUP Dr. M. Djamil untuk meningkatkan promosi kesehatan berkaitan dengan risiko adanya komorbid penyakit kardiovaskular pada pasien PPOK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 23 Sep 2016 02:20
Last Modified: 23 Sep 2016 02:20
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16863

Actions (login required)

View Item View Item