GAMBARAN AWAL KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTIDIABETES PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS ULAK KARANG KOTA PADANG

RONNY, SASKO PUTRA HAMZAH (2016) GAMBARAN AWAL KEPATUHAN PENGGUNAAN OBAT ANTIDIABETES PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS ULAK KARANG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
bab I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
skripsi Ronny sasko.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diabetes Melitus tipe 2 merupakan penyakit dengan populasi terbesar di dunia dan memerlukan upaya pengontrolan kadar gula darah oleh pasien. Ketidakpatuhan akan meningkatkan resiko penyakit yang diderita. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prevalensi dan tingkat kepatuhan pasien diabetes melitus tipe 2 terutama di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Telah dilakukan penelitian terkait kepatuhan pasien diabetes melitus tipe 2 di Puskesmas Ulak Karang Kota Padang. Penilian kepatuhan dilakukan menggunakan Morisky Medication Adherence Scales (MMAS-8). Data dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil menunjukkan penderita diabetes melitus tipe 2 di Puskesmas Ulak Karang memiliki tingkat kepatuhan rendah (68,75%), tingkat kepatuhan sedang (31,75%) dan tidak satupun memiliki kepatuhan yang tinggi. Faktor yang mempengaruhi kepatuhan pasien adalah tingkat pendidikan (p=0,07). Hasil ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan pasien diabetes melitus tipe 2 adalah tingkat pendidikan, sedangkan faktor umur, jenis kelamin, pekerjaan, jumlah obat, efek samping obat, pola diet, penggunaan obat tradisional, durasi penyakit, olahraga dan pola olahraga tidak mempengaruhi kepatuhan pasien secara bermakna (p>0,05). Tidak terdapat hubungan antara tingkat kepatuhan berdasarkan MMAS-8 dengan gula darah pasien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 22 Sep 2016 08:57
Last Modified: 22 Sep 2016 08:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item