Efektifitas Media Lini Bawah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pus Tentang Program KB Dalam Rangka Penguatan KIE di Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung

Ade, Nurul Fazri (2016) Efektifitas Media Lini Bawah Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pus Tentang Program KB Dalam Rangka Penguatan KIE di Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstract.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (Kesimpulan))
BAB V (kesimpulan).pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full Text)
Thesis Ade NF.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Penggunaan media dalam KIE dilakukan untuk penyampaian pesan kepada masyarakat dengan maksud terjadinya peningkatan pengetahuan serta perubahan sikap. Media lini bawah (booklet dan brosur) digunakan sebagai media KIE program KB untuk Kecamatan Sumpur Kudus. Hal tersebut dilakukan sebagai implikasi dari penyesuaian terhadap kondisi dan kebutuhan masyarakat setempat, dimana tenaga penyuluh KB (PKB/PLKB) yang terbatas jumlahnya, serta kondisi geografis dan demografis masyarakat setempat yang belum memungkinkan berinteraksi dengan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan efektivitas media lini bawah (booklet dan brosur) terhadap pengetahuan dan sikap PUS tentang program KB di Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain “Pretest- Posttest Design With Comparison Group”. Sampel penelitian adalah PUS MUPAR bukan peserta KB berjumlah 30 responden dan dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 15 responden untuk masing-masing media, yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Analisa data meliputi uji Paired t- test dan Independen t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan antara sebelum dan sesudah perlakuan media booklet (p- value 0,001) dan media brosur (p -value 0,000), serta terdapat perbedaan sikap antara sebelum dan sesudah perlakuan media booklet (p- value 0,011) dan media brosur (p- value 0,001). Tidak terdapat perbedaan efektivitas antara booklet dan brosur terhadap pengetahuan dengan (p- value= 0,255) serta tidak terdapat perbedaan efektivitas antara booklet dan brosur terhadap sikap dengan (p- value 0,457).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu komunikasi
Date Deposited: 13 Sep 2016 07:12
Last Modified: 13 Sep 2016 07:12
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/16613

Actions (login required)

View Item View Item