MILA, GUNAWAN (2016) Analisis Waktu Pelayanan Pasien Emergency Severity Index Level 3 di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Yos Sudarso. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK MILA-1420322014.pdf - Published Version Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
BAB I MILA-1420322014.pdf - Published Version Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (BAB AKHIR)
BAB 7 MILA-1420322014.pdf - Published Version Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA MILA-1420322014.pdf - Published Version Download (145kB) | Preview |
|
Text (TESIS FULL)
TESIS MILA GUNAWAN-1420322014.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu indikator untuk menilai kualitas layanan IGD adalah waktu pelayanan. Data bulan April 2016 menyebutkan bahwa terdapat 65 dari 443 orang (14,7%) pasien yang dirawat inap melalui IGD Rumah Sakit Yos Sudarso mengeluhkan lamanya pelayanan IGD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lama waktu pelayanan pasien ESI level 3 di IGD Rumah Sakit Yos Sudarso. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan di IGD Rumah Sakit Yos Sudarso dari Bulan November 2015-Juli 2016. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada 16 orang informan, focus group discussion terhadap 6 orang dokter dan 6 orang perawat, telaah dokumen dan pengamatan langsung. Validasi data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu pelayanan pasien ESI level 3 dari saat pasien datang sampai keluar IGD menuju rawat inap adalah 155 ± 70 menit (waktu tercepat 43 menit dan terlama 463 menit). Terdapat keterbatasan ruangan dan tenaga, pelaksanaan triase belum optimal, ketidakseragaman pemahaman petugas bahwa pasien IGD perlu diprioritaskan. Rata-rata waktu pada tiap tahapan proses pelayanan sudah mencapai standar, tetapi masih terdapat keterlambatan dikarenakan menunggu pemeriksaan radiologi, petugas laboratorium datang ke IGD, dokter spesialis datang ke IGD, antri untuk pengurusan rawat inap, dan ketersediaan tempat tidur rawat inap. Masih terdapat keterlambatan pada tiap tahapan proses pelayanan IGD maka disarankan agar pihak manajemen Rumah Sakit Yos Sudarso dapat memperlengkapi standar IGD Rumah Sakit dari segi ruang dan tenaga, meningkatkan pemahaman seluruh petugas Rumah Sakit bahwa pelayanan pasien IGD perlu diprioritaskan, meningkatkan komunikasi petugas pada pasien dan keluarga, mengevaluasi tren waktu kunjungan pasien dan mengatur penempatan petugas. Kata Kunci : Waktu pelayanan, Triase, ESI, IGD Kepustakaan 56 (1992 – 2016)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 kesehatan masyarakat |
Date Deposited: | 29 Aug 2016 04:17 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:17 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/15724 |
Actions (login required)
View Item |