ANALISIS KEBERHASILAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) DENGAN MENGADOPSI DELONE & MCLEAN IS SUCCESS MODEL PADA PEMERINTAH KOTA PARIAMAN

DONI, DONI (2016) ANALISIS KEBERHASILAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) DENGAN MENGADOPSI DELONE & MCLEAN IS SUCCESS MODEL PADA PEMERINTAH KOTA PARIAMAN. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
3. BAB 5.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Ilmiah Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keberhasilan implementasi sistem informasi manajemen daerah (SIMDA) pada Pemerintah Kota Pariaman dengan menggunakan model kesuksesan sistem informasi yang diperkenalkan oleh DeLone dan McLean (2003). Tujuan penelitian ini untuk menguji Pengaruh kualitas sistem terhadap penggunaan; Pengaruh kualitas sistem terhadap kepuasan pengguna; Pengaruh kualitas informasi terhadap penggunaan; Pengaruh kualitas informasi terhadap kepuasan pengguna; Pengaruh kualitas pelayanan terhadap penggunaan; Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna; Pengaruh Penggunaan terhadap kepuasan pengguna; Pengaruh kepuasan pengguna terhadap penggunaan; Pengaruh penggunaan terhadap manfaat bersih; Pengaruh kepuasan pengguna terhadap manfaat bersih. Data dalam penelitian ini adalah satuan kerja perangkat daerah yang berada di wilayah kerja Kota Pariaman. Data penelitian dikumpulkan dengan mengirimkan kuisioner kepada pejabat penatausahaan keuangan (PPK), bendahara, pembantu pejabat penatausahaan keuangan (pembantu PPK) dan operator SIMDA. Teknik analisis data menggunakan Structual Equation Model (SEM) berbasis variace (Partial Least Square) dengan menggunakan software SmartPLS 3.2.M3. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat lima hipotesis yang diterima yaitu kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna; kualitas pelayanan berpengaruh terhadap penggunaan; kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengguna; penggunaan berpengaruh terhadap manfaat bersih; kepuasan pengguna berpengaruh terhadap manfaat bersih. Namun, ada lima dari hipotesis yang ditolak yaitu kualitas sistem tehadap penggunaan; kualitas sistem tehadap kepuasan pengguna; kualitas informasi terhadap penggunaan; penggunaan terhadap kepuasan pengguna; dan kepuasan pengguna terhadap penggunaan yang dilakukan pada Pemerintah Kota Pariaman. Hasil penelitian ini akan bermanfaat bagi Pemerintah Daerah dalam meningkatkan efektifitas implementasi SIMDA di daerah. Kata kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean, PLS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:26
Last Modified: 15 Aug 2016 04:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/14991

Actions (login required)

View Item View Item