Studi Fenomenologi: Pengalaman Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis dari Aspek Psikososial di RSUD Raden Mattaher Jambi

Reta, Renylda (2016) Studi Fenomenologi: Pengalaman Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis dari Aspek Psikososial di RSUD Raden Mattaher Jambi. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
Abstrak R.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1 Reta.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI)
BAB 6 Reta.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Reta.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img] Text (Tesis full text)
Tesis Lengkap Reta.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

pada pasien yang menjalani hemodialisis; 3) perubahan sosial pada pasien yang Aspek psikososial pada penyakit gagal ginjal dapat menimbulkan masalah pada semua aspek kehidupan seseorang, dimana masalah yang sering ditimbulkan antara lain: perubahan emosi, rasa takut dan marah, putus asa dan kehilangan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam tentang pengalaman pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis dari aspek psikososial di RSUD Raden Mattaher Jambi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data didapatkan dengan wawancara mendalam terhadap 10 partisipan yang terdiri dari 8 perempuan dan 2 laki-laki. Hasil wawancara dianalisa dengan menggunakan metode Collaizi. Hasil penelitian yaitu terdapat 8 tema yang menggambarkan pengalaman pasien yang menjalani hemodialisis yaitu: 1) perubahan fisik pada pasien yang menjalani hemdialisis; 2) perubahan psikologis menjalani hemodialisis; 4) mekanisme koping yang digunakan pasien yang menjalani hemodialisis; 5) sumber dukungan yang diterima pasien yang menjalani hemodialisis; 6) bentuk dukungan yang diterima pasien yang menjalani hemodialisis; 7) harapan terhadap masyarakat dan pada pelayanan kesehatan; 8) manfaat hemodialisis. Perawat mampu mendeteksi dan mengatasi masalah psikososial yang dialami pasien dengan hemodialisis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 03 Aug 2016 03:19
Last Modified: 03 Aug 2016 03:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13968

Actions (login required)

View Item View Item