analisis hubungan fungsi manajerial kepala ruangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perawat dengan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Pariaman Tahun 2016

Fithriyani, Fithriyani (2016) analisis hubungan fungsi manajerial kepala ruangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perawat dengan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Pariaman Tahun 2016. Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I baru.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VII)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka tesis.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img] Text (tesis full text)
Tesis lengkap fithriyani (1421312066)ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kualitas asuhan keperawatan dapat tergambar dari dokumentasi asuhan keperawatan. Dokumentasi asuhan keperawatan yang tidak dilakukan dengan lengkap dapat menurunkan kualitas pelayanan keperawatan karena tidak dapat mengidentifikasi sejauh mana tingkat keberhasilan asuhan keperawatan yang diberikan. Hal ini menjadi wujud dari kinerja perawat. Perawat dalam menjalankan tugasnya juga dipengaruhi oleh kemampuan fungsi manajerial kepala ruangan yang mempengaruhi kinerja perawat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan fungsi manajerial kepala ruangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perawat dengan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Pariaman. Desain penelitian analitik deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel 86 orang perawat dengan teknik proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, fungsi pengawasan , fungsi pengendalian sebagian besar baik, umur perawat rata-rata 31,5 tahun, masa kerja rata-rata 4,5 tahun, status kepegawaian sebagian besar PNS dan tingkat pendidikan perawat sebagian besar D3 keperawatan, faktor organisasi (imbalan) baik, faktor psikologis (sikap, motivasi sebagian besar baik). Hasil uji statistik adanya hubungan antara fungsi pengarahan dengan kualitas dokumentasi asuhan keperawatan (p value=0,042). Saran bagi Kepala bidang keperawatan untuk melakukan revisi Standar Asuhan Keperawatan sesuai dengan kondisi dan pedoman saat ini, melakukan penilaian kinerja perawat tentang pendokumentasian asuhan keperawatan secara berkala dan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan terkait dengan dokumentasi asuhan keperawatan yang sesuai standar yang dibina oleh tenaga ahli dan profesional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 29 Jul 2016 08:38
Last Modified: 29 Jul 2016 08:38
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13373

Actions (login required)

View Item View Item