PERBEDAAN STRES AKADEMIK SISWA SMP YANG MENERAPKAN SISTEM FULLDAY DENGAN SISWA SMP YANG MENERAPKAN SISTEM HALFDAY DI KOTA PADANG

DHIAN, HANIF (2016) PERBEDAAN STRES AKADEMIK SISWA SMP YANG MENERAPKAN SISTEM FULLDAY DENGAN SISWA SMP YANG MENERAPKAN SISTEM HALFDAY DI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENUTUP)
BAB V.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
SKRIPSI .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lembaga pendidikan dipandang sebagai lembaga yang dapat menciptakan generasi muda untuk dapat bertahan di dalam kehidupan nyata melalui pendidikan. S alah satu upaya untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui jalur pendidikan adalah melalui sekolah . J enis sekolah formal pada saat ini adalah menerapkan sistem sekolah setengah hari ( half day ) . Selain itu, saat ini sekolah formal juga menerapkan sistem sekolah sehari penuh ( full day ) . Sekolah dengan sistem full day memiliki waktu belajar yang lebih lama d ibandingkan sekolah half day . Perbedaan sistem pembelajaran dan peraturan yang diterapkan di kedua sekolah dapat menimbulkan stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan stres akademik siswa SMP yang menerapkan sistem full day dengan siswa SMP yang menerapkan sistem half day di kota Padang. Subjek penelitian adalah 145 orang siswa IT Adzkia ( full day ) dan 244 orang siswa SMP N 1 padang ( half day ) . T eknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sa mpling. Penelitian ini menggunakan skala stres akademik yaitu Stress Academic Student Scale yang disusun oleh Busari (2011). Nilai reliabilitas skala stres akademik yaitu sebesar 0,924 dan terdiri dari 35 item. Analisa penelitian menggunakan komparasi t - t est. Berdasarkan hasil analisa ditemukan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara stres akademik siswa full day dengan siswa half day (t= - 11,8 dengan p<0.05, p=0,00) , Nilai mean SMP IT Adzkia yaitu 76.9 dan nilai mean SMP N 1 yaitu 93,6. Kata kunci : stres akademik. SMP full day , dan SMP half day

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:54
Last Modified: 29 Jul 2016 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13316

Actions (login required)

View Item View Item