PROSES DAN ALASAN-ALASAN MENJUAL TANAH ULAYAT Studi : Tanah Ulayat Suku Melayu di Nagari Bonjol Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya

Wahidin, Wahidin (2016) PROSES DAN ALASAN-ALASAN MENJUAL TANAH ULAYAT Studi : Tanah Ulayat Suku Melayu di Nagari Bonjol Kecamatan Koto Besar Kabupaten Dharmasraya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
6 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan)
BAB IV Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FIX Terbaru.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tanah secara simbolis memiliki arti yang sangat penting bagi masyarakat Minangkabau. Tanah menjadi kebanggaan anggota suku yang memilikinya. Seiring berjalannya waktu anggota suku akan bertambah dan membutuhkan tanah untuk tempat tinggal, mendirikan rumah, menggarap sawah atau membuka lahan baru untuk dijadikan ladang. Tanah ulayat suku ini dijual untuk kepentingan pribadi, sedangkan pemanfaatan seharusnya untuk kepentingan kelompok atau suku dan harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah disepakati oleh anggota suku. Oleh sebab itu menarik untuk dikaji proses dan alasan-alasan menjual tanah ulayat. Informan dalam penelitian ini adalah anggota suku, ninik mamak, Wali Nagari dan KAN. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses dan alasan-alasan komunitas Suku Melayu menjual tanah ulayat. Teori yang digunakan adalah Strukturasi Anthony Giddens yang memfokuskan pada dualitas agen dan struktur. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi serta wawancara mendalam (tidak berstruktur). Dari hasil penelitian mengenai proses dan alasan-alasan menjual tanah ulayat yang didapat di lapangan. Pada bagian proses terdapat beberapa tahap yang dilakukan oleh anggota suku yaitu: membentuk kelompok kecil, menentukan lokasi yang akan dijual, mencari pembeli, mengukur tanah dan membuat surat-surat, sementara alasan-alasan untuk menjual tanah ulayat antara lain: desakan pemenuhan kebutuhan keluarga, modal pembukaan kelapa sawit dan lemahnya kontrol sosial ninik mamak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 28 Jul 2016 07:13
Last Modified: 28 Jul 2016 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/13194

Actions (login required)

View Item View Item