Efektifitas Penyuluhan Menggunakan Media Booklet Dan Slide Share Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Stunting Tentang Upaya Pencegahan Resiko BBLR Di Madrasah Tsanawiyah Pauh Kambar Padang Pariaman Tahun 2016

Sri, Fitriana (2016) Efektifitas Penyuluhan Menggunakan Media Booklet Dan Slide Share Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Stunting Tentang Upaya Pencegahan Resiko BBLR Di Madrasah Tsanawiyah Pauh Kambar Padang Pariaman Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Salah satu penyebab dari anak lahir dengan BBLR adalah ibu dengan status Gizi stunting atau pendek. Hasil observasi di Madrasah Tsanawiyah Pauh Kambar menunjukan bahwa prevalensi anak pendek sebesar 27% . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penyuluhan menggunakan media booklet dan slide share terhadap tingkat pengetahuan remaja putri tentang upaya pencegahan resiko BBLR di Madrasah Tsanawiyah Pauh Kambar tahun 2016 Metode Penelitian menggunakan studi quasy eksperiment dengan menggunakan rancangan otwo group pre and post test design. Populasi adalah seluruh remaja stunting kelas VII dan VIII di Madrasah Tsanawiyah Pauh Kambar. Sampel berjumlah 44 orang. Data yang diambil adalah data umum, antropometri, dan hasil jawaban kuesioner. Pengolahan data dengan menggunakan aplikasi SPSS. Analisis statistik menggunakan uji paired t-test dan uji independen sampel t-test Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata skor penegetahuan sebelum intervensi adalah 15,14 dan setelah intervensi adalah 16,36 dengan menggunakan slide share. Hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata skor penegetahuan sebelum intervensi adalah 16,36 dan setelah intervensi adalah 20,36 dengan menggunakan booklet. Hasil uji statistik menunjukkan ada perbedaan rata-rata skor pengetahuan dengan nilai p-value 0,000 (<0,05). Kesimpulan Terdapat perbedaan signifikan antara media booklet dan slide share. Dengan rata-rata selisih nilai pengetahuan media booklet (4) lebih besar daripada media slide share (1.22), artinya media booklet lebih efektif dariapada slide share. Diharapkan kepada pihak sekolah untuk meningkatkan pengetahuan pada siswa dengan mengadakan penyuluhan media booklet disekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 27 Jul 2016 06:48
Last Modified: 27 Jul 2016 06:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12895

Actions (login required)

View Item View Item