Pengaruh Pendidikan Gizi Metode Lari Estafet Terhadap Perubahan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Pada Murid Kelas V di SDN 19 Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2016

Yuli, Asmi Susanti (2016) Pengaruh Pendidikan Gizi Metode Lari Estafet Terhadap Perubahan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Pada Murid Kelas V di SDN 19 Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6)
Bab 6.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img] Text (Skripsi)
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi metode lari estafet terhadap perubahan pengetahuan tentang gizi seimbang pada murid kelas V di SDN 19 Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat tahun 2016. Metode Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan disain one group pretes-postest. Dilakukan kepada 24 murid kelas V dengan menggunakan soal pretest dan postest saat sebelum dan sesudah dilakukan intervensi pemberian pendidikan gizi. Data diolah secara analisis univariat dan analisis bivariat. Analisis univariat untuk melihat distribusi karakteristik sampel dan perolehan skor pengetahuan sampel. Analisis bivariat menggunakan uji paired sample t-test untuk data yang berdistribusi normal dan uji wilcoxon untuk data yang tidak berdistribusi normal. Hasil Hasil penelitian didapatkan bahwa jumlah murid yang menjawab benar setiap item soal meningkat bila dibandingkan antara hasil pretest dengan postest. Hasil analisis bivariat dengan α = 0,05 didapatkan p value 0,000 ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata total skor pengetahuan murid pada saat sebelum dan sesudah dilakukannya intervensi pendidikan gizi. Dengan demikian pendidikan gizi metode lari estafet memberikan pengaruh terhadap perubahan pengetahuan responden. Kesimpulan Kesimpulannya terdapat pengaruh pendidikan gizi metode lari estafet terhadap perubahan pengetahuan murid kelas V SDN 19 Kecamatan Luhak Nan Duo. Dengan demikian disarankan agar metode pendidikan gizi ini dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran mengenai gizi seimbang. Daftar Pustaka : 39 ( 2002 – 2015 ) Kata Kunci : Pendidikan Gizi, Pengetahuan Gizi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:46
Last Modified: 27 Jul 2016 04:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item