Analisis Faktor-faktor yang berhubungan dengan penerapan keselamatan pasien di Instalasi rawat inap RSUP. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2016

DEWI, SUSILANINGSIH (2016) Analisis Faktor-faktor yang berhubungan dengan penerapan keselamatan pasien di Instalasi rawat inap RSUP. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2016. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak mbak wik Watermark.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1 Watermark.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR PENUTUP / KESIMPULAN)
BAB VII Watermark.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA dw ok Watermark.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img] Text (thesis full text)
TESIS baru dewi 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keselamatan pasien merupakan hal utama dalam pelayanan kesehatan. WHO, 2004 menjelaskan Kejadian Tidak Diinginkan ( KTD ) diberbagai Negara dengan persentase 3-16%. Di Indonesia sendiri KTD mendapat persentase cukup signifikan yaitu 46%, dan untuk Kejadian Nyaris Cedera ( KNC ) 48% ( 2014 ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi Analisis factor-faktor yang berhubungan dengan penerapan keselamatan pasien di instalasi rawat inap RSUP. Dr. M. Djamil Padang Tahun 2016. Desain penelitian studi analitik dengan pendekatan cross sectional design. Populasi adalah seluruh perawat pelaksana di Instalasi rawat inap RSUP. Dr. M. Djamil Padang dengan jumlah sample 70 orang. Analisis data dengan uji chi square, dan regresi logistic. Hasil penelitian diketahui ada hubungan tingkat pendidikan, masa kerja, pelatihan, supervisi dan kepemimpinan dengan penerapan keselamatan pasien dengan p Value < 0,05. Tidak ada hubungan jenis kelamin, dan umur dengan penerapan keselamatan pasien dengan p value > 0,05. Variable Kepemimpinan dominan berhubungan dengan penerapan keselamatan pasien (pvalue = 0,016, OR 7,48 ). Kepemimpinan yang dilaksanakan oleh kepala ruangan dan diiringi dengan adanya supervisi secara berkala akan meningkatkan penerapan keselamatan pasien oleh perawat pelaksana.Diharapkan pelaksanaan kepemimpinan oleh manajerial ( kepala Ruangan ) terkait dari fungsi kepemimpinan terhadap pelaksanaan penerapan keselamatan pasien dapat lebih ditingkatkan lagi. Kata kunci : keselamatan pasien, umur, tingkat pendidikan, jenis kelamin, masa kerja, pelatihan, supervisi, kepemimpinan. Daftar pustaka : 58 ( 1997-2015)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:14
Last Modified: 26 Jul 2016 07:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12654

Actions (login required)

View Item View Item