ANALISIS SISTEM PROTEKSI PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI KAPAL PENUMPANG KMP. GAMBOLO PT. ASDP INDONESIA FERRY PERSERO) CABANG PADANG TAHUN 2016

Marta, Fadillah (2016) ANALISIS SISTEM PROTEKSI PENANGGULANGAN KEBAKARAN DI KAPAL PENUMPANG KMP. GAMBOLO PT. ASDP INDONESIA FERRY PERSERO) CABANG PADANG TAHUN 2016. Diploma thesis, Universitas andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
Bab I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab VI Kesimpulan dan Saran)
Bab VI Kesimpulan dan saran.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kesesuaian proteksi penanggulangan kebakaran yang ada di kapal penumpang KMP. Gambolo berdasarkan standar yang ditetapkan SOLAS’74, NFPA dan SNI. Elemen yang diteliti mencakup identifikasi sumber potensi bahaya kebakaran, sarana proteksi kebakaran aktif, sarana penyelamat jiwa dan organisasi penanggulangan kebakaran. Metode Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasional dan komparatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data yang telah dikumpulkan, disusun kemudian dianalisis dengan cara membandingkan dengan peraturan yang berlaku yaitu SOLAS’74, NFPA dan SNI. Hasil Hasil penelitian menunjukan bahwa KMP. Gambolo mempunyai risiko kebakaran berat dengan klasifikasi kebakaran jenis A, B, dan C, kapal sudah diproteksi baik secara desain konstruktif dan sarana proteksi kebakaran kapal yang lulus standar IMO dan BKI. Sarana proteksi kebakaran aktif dan sarana penyelamat jiwa secara umum sudah dilengkapi dengan semua persyaratan sebuah kapal penumpang hanya saja kondisi dari sarana proteksi kebakaran tidak terawat dan terjaga dengan baik. Kesimpulan Dari hasil penelitian disarankan agar melakukan identifikasi sumber bahaya kebakaran di kapal lebih mendalam serta memelihara sarana proteksi kebakaran aktif dan sarana penyelamat jiwa, mengintegrasikan sistem yang ada di kapal dengan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dan membentuk organisasi penanggulangan kebakaran. Daftar Pustaka : 37 (1970 - 2016) Kata Kunci : Proteksi kebakaran, Kapal penumpang, Penanggulangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 26 Jul 2016 04:34
Last Modified: 26 Jul 2016 04:34
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item