Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Dukungan Petugas Kesehatan Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Diabetes Melitus Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP dr. M. Djamil Padang Tahun 2016

Yania, Febsi (2016) Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Dukungan Petugas Kesehatan Dengan Kepatuhan Diet Pada Pasien Diabetes Melitus Di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP dr. M. Djamil Padang Tahun 2016. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
abstrak.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Kepatuhan adalah tingkat perilaku pasien yang tertuju terhadap intruksi atau petunjuk yang diberikan oleh tenaga kesehatan dalam bentuk terapi apapun yang ditentukan, baik diet, latihan dan pengobatan. Kepatuhan diet merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam penatalaksanaan penyakit DM. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan dukungan petugas kesehatan dengan kepatuhan diet pada pasien diabetes melitus di poliklinik penyakit dalam RSUP dr. M. Djamil Padang tahun 2016. Metode Penelitian ini bersifat analitik dengan desain penelitian crossectional study. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah sample sebanyak 77 orang. Data yang diambil adalah data umum. Analisis statistik menggunakan chi-square Hasil Berdasarkan hasil uji statistic diperoleh sebanyak 57.1% responden tidak patuh terhadap diet DM, 66,2% responden memiliki pengetahuan yang kurang dan 68,8% responden yang mendapatkan dukungan dari petugas kesehatan. Kemudian didapatkan hasil penelitian bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan dengan tingkat kepatuhan diet pada pasien DM dengan nilai p-value 0,04 (<0,05). Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara dukungan petugas kesehatan (ahli gizi) dengan tingkat kepatuhan diet pada pasien DM dengan p-value 0,102 (>0,05). Kesimpulan Tingkat pengetahuan berhubungan dengan tingkat kepatuhan diet DM, dan dukungan petugas tidak berhubungan dengan tingkat kepatuhan diet DM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 gizi gizi
Date Deposited: 26 Jul 2016 02:11
Last Modified: 26 Jul 2016 02:11
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item