Hubungan Dukungan Pasangan (Istri) dalam Pengasuhan dengan Paternal Involvement pada Ayaha yang Memiliki Bayi usia 0 - 12 Bulan

Erza, Amalia Khairunnisa (2023) Hubungan Dukungan Pasangan (Istri) dalam Pengasuhan dengan Paternal Involvement pada Ayaha yang Memiliki Bayi usia 0 - 12 Bulan. Diploma thesis, fakultas Kedokteran.

[img] Text (Abstract)
Text (Cover & Abstrak).pdf - Published Version

Download (151kB)
[img] Text (Bab 1 Pendahuluan)
Text (BAB 1 Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text (Bab V Penutup)
Text (BAB V Penutup).pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Text (Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (fulltext)
E-skripsi Amalia Khairunnisa Erza_1710321015.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat hubungan dukungan pasangan (istri) dalam pengasuhan dengan paternal involvement pada ayah yang memiliki bayi usia 0-12 bulan. Metode dalam penelitian ini adalah desain kuantitatif korelasional yang menggunakan analisis Pearson Product Moment. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia oleh Putri (2022) dari alat ukur Paternal Involvement with Infants Scale (α = 0,926) dan menggunakan skala yang diadaptasi dari alat ukur Partner Parental Support Questionnaire (α = 0,943). Responden berjumlah 104 ayah baru yang memiliki bayi usia 0-12 bulan dengan menggunakan teknik quota sampling. Berdasarkan hasil analisis korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya korelasi positif signifikan dengan nilai koefesien korelasi (r) sebesar 0,278 (sig. (p) = 0,004). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara dukungan pasangan (istri) dalam pengasuhan dengan paternal involvement pada ayah yang memiliki bayi usia 0 – 12 bulan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi dukungan pasangan (istri) dalam pengasuhan maka akan semakin tinggi paternal involvement pada ayah yang memiliki bayi usia 0-12 bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Nelia Afriyeni, S.Psi., M.A
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Kedokteran > Psikologi
Depositing User: s1 psikologi psikologi
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:45
Last Modified: 01 Mar 2023 06:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/125118

Actions (login required)

View Item View Item