PENGARUH EDUKASI KESEHATAN TERHADAP KECEMASAN PASIEN PRA-KATETERISASI DENGAN DIAGNOSTIK JANTUNG KORONER DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG

WENDO, DAVRIS (2023) PENGARUH EDUKASI KESEHATAN TERHADAP KECEMASAN PASIEN PRA-KATETERISASI DENGAN DIAGNOSTIK JANTUNG KORONER DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (cover dan abstrak)
Cover Abstrak.pdf - Published Version

Download (955kB)
[img] Text (Bab I)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (398kB)
[img] Text (Bab penutup)
BAB Akhir (Penutup_Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (373kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (391kB)
[img] Text (Skripsi full taxt)
WENDO DAVRIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proses menunggu pelaksanaan prosedur tindakan kateterisasi jantung sering menimbulkan rasa cemas pada pasien. Kecemasan pada pasien pra-katetrisasi harus diatasi karena dapat menimbulkan peningkatan frekuensi nadi dan tekanan darah yang mungkin akan menghambat prosedur tindakan kateterisasi jantung sehingga dibutuhkan intervensi pemberian edukasi kepada pasien pra-katetrisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi kesehatan terhadap kecemasan pasien pra-kateterisasi dengan diagnostik jantung koroner di RSUP Dr.M.Djamil Padang. Penelitian ini dilakukan dari bulan September 2022 sampai Febuari 2023 dengan desain penelitian quasi-experiment without control group dengan one group pretest-posttest design dengan sampel 39 responden dipilih secara accidental sampling yang memenuhi kriteria. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner State Trait Anxiety Inventory (STAI) Form-Y1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh edukasi kesehatan terhadap kecemasan pada pasien pra-kateterisasi dengan diagnostik jantung koroner dengan menggunakan uji analisa chi-squrae dengan nilai p-value<0,001, dengan rerata kecemasan sebelum diberikan edukasi kesehatan sebesar 57,82 dan setelah diberikan edukasi kesehatan sebesar 35,82. Pemberian edukasi kesehatan dapat diterapkan di rumah sakit sebagai salah satu intervensi untuk membantu mengurangi kecemasan pasien saat akan menghadapi pra-kateterisasi jantung dan perawat dapat meningkatkan perannya sebagai edukator kepada pasien untuk memberikan informasi yang tepat kepada pasien pra-kateterisasi jantung. Kata Kunci: Kecemasan, Pra-Kateterisasi, Edukasi Kesehatan Daftar Pustaka: 59 (2006-2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ns. Fitri Mailani, S.Kep., M.Kep
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 01 Mar 2023 01:52
Last Modified: 01 Mar 2023 01:52
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124919

Actions (login required)

View Item View Item