STUDI KEINGINAN MASYARAKAT KOTA PADANG TERHADAP KEPEMILIKAN KENDARAAN LISTRIK (ELECTRIC VEHICLE) DENGAN MENGGUNAKAN THEORY PLANNED OF BEHAVIOR

Rahmatika, Dwi Putri Jori (2023) STUDI KEINGINAN MASYARAKAT KOTA PADANG TERHADAP KEPEMILIKAN KENDARAAN LISTRIK (ELECTRIC VEHICLE) DENGAN MENGGUNAKAN THEORY PLANNED OF BEHAVIOR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
1. Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Kesimpulan dan Saran)
3. Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
4. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
5. Tugas Akhir Utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan kendaraan listrik (electric vehicle) berlangsung sangat pesat, namun masih memiliki berbagai kendala terutama pada niat masyarakat Indonesia untuk memiliki kendaraan listrik. Pada saat ini pemerintah sedang mempersiapkan kebijakan dan infrastruktur dalam mendukung program percepatan perkembangan kendaraan listrik. Untuk melihat niat masyarakat terutama di Kota Padang, terhadap keinginan masyarakat terhadap kepemilikan kendaraan listrik digunakan metode Theory Planned of Behavior dengan aplikasi SmartPLS. Survey dilakukan untuk melihat niat atau keinginan masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik serta pengaruh pengetahuan (behavior beliefs), budaya dan lingkungan sosial (normative beliefs) dan kesempatan yang dimiliki (control beliefs) terhadap niat masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik dan faktor yang paling kuat korelasinya terhadap keinginan masyarakat kota padang untuk memiliki kendaraan listrik. Dari hasil survey kuisioner yng dilakukan masyarakat kota Padang berniat membeli kendaraan listrik. 72% responden menjawab setuju atau berniat memiliki kendaraan listrik. Behavior beliefes, normative beliefes, dan control beliefes berpengaruh positif terhadap niat penggunaa kendaraan listrik. Faktor yang sangat kuat korelasinya terhadap niat penggunaan kendaran listrik adalah untuk konstruk behavioral believe adalah harga perawatan kendaraan listrik lebih murah dibandingkan kenadaraan berbahan bakar, untuk konstruk normative believe faktor yang paling berpengaruh adalah media masa yang memberikan informasi mengenai kendaraan listrik, sedangkan untuk konstruk control believe faktor yang paling berpengaruh adalah pengisian baterai sudah tersedia dilingkungan sekitar atau mudah untuk mendapatkannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Ir. PURNAWAN, MT., PhD
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 27 Feb 2023 09:18
Last Modified: 27 Feb 2023 09:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124718

Actions (login required)

View Item View Item