PERANAN MEDIA EDUKASI PERMAINAN ULAR TANGGA DAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR MENGENAI KESEHATAN GIGI DAN MULUT

Izzah, Dhiyaul Auni (2020) PERANAN MEDIA EDUKASI PERMAINAN ULAR TANGGA DAN VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR MENGENAI KESEHATAN GIGI DAN MULUT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (bab 1)
BAB 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (Penutup atau Kesimpulan)
BAB Akhir (Penutup atau Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka (1).pdf - Published Version

Download (444kB)
[img] Text (fulltext)
Literatur Review Izzah Dhiyaul Auni.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (957kB)

Abstract

Peningkatan derajat kesehatan gigi dan mulut masyarakat dapat dicapai dengan memberikan pengetahuan tentang cara memelihara kesehatan gigi dan mulut. Pendidikan kesehatan gigi dan mulut salah satunya dapat dilakukan melalui media permainan dan video, kedua media tersebut efektif dalam meningkatkan pengetahuan anak. Tujuan penulisan kajian literatur ini adalah untuk memabahas mengenai peranan media edukasi permainan ular tangga dan video animasi dalam meningkatkan pengetahuan anak sekolah dasar mengenai kesehatan gigi dan mulut. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa media ular tangga dan video berperan dalam peningkatan pengetahuan anak sekolah mengenai kesehatan gigi dan mulut. Permainan ular tangga mempermudah proses pembelajaran serta mampu merangsang anak dalam menerima pengetahuan akibat rasa senang yang didapatkan saat bermain ular tangga tersebut. Media video animasi dapat menampilkan pesan yang ingin disampaikan secara lebih menarik dengan kolaborasi audio-visual sehingga dapat merangsang indera penglihatan dan pendengaran anak secara lebih maksimal, sehingga berdasarkan kelebihan masing-masing media tersebut menyebabkan anak lebih mudah dalam menangkap materi dan berkontribusi dalam peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan gigi dan mulut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: drg. Susi, MKM
Uncontrolled Keywords: media pendidikan, ular tangga, video animasi, pengetahuan, gigi, mulut
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:35
Last Modified: 28 Feb 2023 08:36
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124543

Actions (login required)

View Item View Item