Muhammad, Irfan Pratama (2023) PROFIL KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI RSUP DR. M. DJAMIL PADANG TAHUN 2010-2020. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (276kB) |
|
Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version Download (46kB) |
|
Text (Penutup)
BAB 6 PENUTUP.pdf - Published Version Download (147kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (159kB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text_Muhammad Irfan Pratama.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas adalah suatu peristiwa di jalan yang tidak terduga dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tnpa pengguna jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda. Berdasarkan Global Status Report on Road Safety dikatakan bahwa di seluruh dunia lebih dari 1,25 juta korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas dan 50 juta orang luka berat per tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil korban kecelakaan lalu lintas di RSUP Dr. M. Djamil Padang tahun 2010-2020. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif retrospektif menggunakan data sekunder hasil visum et repertum pasien. Sampel penelitian ini adalah seluruh visum et repertum korban kecelakaan lalu lintas di RSUP Dr. M Djamil Padang tahun 2010-2020 yang dikonsulkan ke bagian Forensik. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik total sampling yang memenuhi kriteria inklusi maupun eksklusi. Sampel penelitian dianalisis menggunakan pendekatan univariat untuk mengetahui distribusi dan persentase usia, jenis kelamin, pekerjaan, lokasi luka, jenis luka, jumlah luka berdasarkan jenis luka, status pengguna jalan dan cara datang pasien. Hasil penelitian didapatkan sebanyak 2984 korban hidup dan 210 korban meninggal. Kelompok usia 15–29 tahun merupakan kelompok usia terbanyak pada korban hidup yaitu sebesar 49,3% dan korban meninggal sebesar 39% dengan dominasi kelamin laki-laki. Kepala dan leher menjadi lokasi terbanyak perlukaan pada korban hidup sebesar 73,1% dan korban meninggal sebesar 90,5%. Luka lecet menjadi jenis luka terbanyak pada korban hidup sebesar 82,4% dan korban meninggal sebesar 81,4%. Luka tunggal terbanyak korban hidup yaitu luka terbuka di kepala dan leher sebesar 66,5% dan luka multipel terbanyak yaitu luka lecet di ekstremitas bawah sebesar 66%. Luka tunggal terbanyak korban meninggal yaitu luka memar di kepala dan leher sebesar 43% dan luka multipel terbanyak yaitu luka lecet di ekstremitas atas sebesar 90,1%. Pada kelompok korban hidup didapatkan sebesar 59,2% merupakan pengendara motor dan sebesar 71,1% datang ke RSUP dr. M Djamil Padang dengan cara dirujuk dari rumah sakit lain. Korban hidup dan korban meninggal akibat kecelakaan lalu lintas berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi luka, jenis luka berada di kelompok yang sama. Pada kelompok pekerjaan dan jumlah luka berdasarkan jenis luka didapatkan kelompok yang berbeda. Pada korban meninggal lebih banyak didapatkan persentase luka multipel dibandingkan korban hidup.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | dr. Noverika Windasari, Sp.FM |
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan lalu lintas, hidup, meninggal, perlukaan |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Profesi Dokter |
Depositing User: | S1 Pendidikan Kedokteran |
Date Deposited: | 27 Feb 2023 02:44 |
Last Modified: | 27 Feb 2023 02:44 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124498 |
Actions (login required)
View Item |