PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PERUMAHAN PURI BERLINDO SUMBAR MAS TERHADAP PENERAPAN NEW NORMAL DAN PASCA NEW NORMAL (Studi Kasus: Perumahan Puri Berlindo Sumbar Mas , Kubu Dalam Parak Karakah Kec. Padang Timur)

Vilona, Amany (2023) PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT PERUMAHAN PURI BERLINDO SUMBAR MAS TERHADAP PENERAPAN NEW NORMAL DAN PASCA NEW NORMAL (Studi Kasus: Perumahan Puri Berlindo Sumbar Mas , Kubu Dalam Parak Karakah Kec. Padang Timur). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Kesimpulan)
Kesimpulan.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (251kB)

Abstract

Vilona Amany, 1610823001, “PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DI KOTA PADANG TERHADAP PENERAPAN KEBIJAKAN NEW NORMAL DAN PASCA NEW NORMAL (Studi Kasus: Perumahan Puri Berlindo Sumbar Mas, Kubu Dalam Parak Karakah Kec. Padang Timur)”. New Normalamerupakan masa tatananabaru untukaberadaptasiadengan COVID-19, saat ini new normal bergunaauntuk merespon berbagai aspek dalam masyarakat mulai dari mikro, makro, dan efesiensi terhadap perubahan yang terjadi dan diharapkan masyarakat dapat mengatasi masalah secara mandiri. Penelitian ini menggambarkan perubahan sosial dalam penerapan New Normal dan bagaimana perubahan kehidupan masyarakat di kompleks Puri Berlindo Sumbar Mas atau disingkat dengan PBSM pada saat pandemi terjadi pada tahun 2020. Adapunatujuan penelitian iniaadalah mengetahui latarabelakang respon cepat masyaralat PBSM terhadap perilaku New Normal, mengetahui dan mengidentifikasi perilaku warga PBSM dan daerah lainnya di Kota Padang. Penelitianaini menggunakanametode kualitatif yang bersifat deskriptif. Lokasi penelitian terletak dikompleks PBSM Kubu Dalam Parak Karakah Kota Padang. Subjek penelitian adalah warga PBSM. Teknik pengumpulan menggunakan metode observasiapartisipatif, wawancaraamendalam,sertaadokumentasi.Pemilihan informanadengan caraapurposive sampling dengan jumlah informan 13 orang. Teknik Analisa data menggunakan hasil observasiadan wawancara. Hasilapenelitianaini menunjukkan bahwaafaktor yang memicu masyarakattersebut cepat merespon perubahan yang terjadi adalah: (1) faktor pendidikan yang ditempuh oleh warga yang berada di komplek, (2) Agama yang dianut warga kompleks (3)kebudayaan pada warga komplek Sumbar Mas yang menginginkan keakraban yang terjalin antar warga masyarkat, (4)lingkungan, dimana lingkungan yang berada di komplek tersebut sangat didukung karena budaya yang ada pada warga, (5) faktor sosial ekonomi. Selain itu proses perubahan perilaku yang terjadi terhadap warga komplek PBSM juga dilalui dengan beberapa tahapan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah warga PBSM dapat mencapai perubahan yang diinginkan dan disepakati bersama saran untuk warga dan pemerintah lebih ketat lagi dalam menjalankan protokol kesehatan dan memperketat sanksi jika ada yang melangggar. Kata kunci: PerubahanaSosial, COVID-19, Proses Perubahan Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Prof.Dr.rer.soz, Nursyirwan Effendi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: s1 antropologi sosial
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:03
Last Modified: 28 Feb 2023 07:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124259

Actions (login required)

View Item View Item