RESEPSI FANDOM BTS (ARMY) DALAM MEMAKNAI BUDAYA POPULER KOREA PADA LAGU DAN KONTEN RUN BTS

Nurul, Tasya (2023) RESEPSI FANDOM BTS (ARMY) DALAM MEMAKNAI BUDAYA POPULER KOREA PADA LAGU DAN KONTEN RUN BTS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
cover+abstrak.pdf - Published Version

Download (86kB)
[img] Text (BAB 1 (Pendahuluan))
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (129kB)
[img] Text (BAB 5 (Penutup))
BAB 5 (Penutup).pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
FULL SKRIPSI_NURUL TASYA_1810862009.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Budaya populer Korea Pop (K-Pop) mulai mengglobal melalui berbagai media massa. K-Pop merupakan salah satu produk budaya populer yang berupa aliran musik khas dari negara Korea Selatan. Pada umumnya, K-Pop diiringi oleh tarian dari sekelompok musisi yang memiliki paras wajah menawan. Salah satunya yakni boyband bernama BTS. Di Indonesia, fenomena K-Pop ditanggapi dengan berbagai pandangan oleh khalayak. Bagian paling tampak dari adanya budaya K-Pop adalah penggemar atau fandom dari suatu idola. Sebagai budaya baru yang hadir di tengah budaya Indonesia akan tergantung bagaimana audiens mengadopsinya sendiri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsumsi media dan resepsi fandom BTS (ARMY) dalam memaknai budaya populer Korea Pop (K-Pop). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan paradigma kritis. Pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan yaitu teori analisis resepsi dari Stuart Hall dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis coding yang terdiri dari open coding, axial coding dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan yang merupakan bagian dari fandom BTS (ARMY) berada pada dominant hegemonic position dan negotiated position dalam meresepsi budaya populer Korea Pop (K-Pop) melalui lagu dan konten RUN BTS. Untuk konsumsi medianya, terlihat adanya kelekatan antara diri penggemar dengan media dalam mengonsumsi berbagai produk dari K-Pop seperti ketertarikan mereka akan K-Pop, keinginan untuk mempunyai merchandise dan mendukung sang idola. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Budaya Populer, Fandom, Korea Pop (K-Pop).

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Vitania Yulia, M.A
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 23 Feb 2023 08:44
Last Modified: 23 Feb 2023 08:44
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124169

Actions (login required)

View Item View Item