Analisis Efisiensi Tataniaga Telur Ayam Ras Pada Usaha Peternakan Baringin Farm Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang

Agustian, Irfan (2023) Analisis Efisiensi Tataniaga Telur Ayam Ras Pada Usaha Peternakan Baringin Farm Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (169kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB I pendahuluan.pdf - Published Version

Download (144kB)
[img] Text (BAB Akhir Penutup)
BAB AKHIR Penutup.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran tataniaga, biaya tataniaga, keuntungan, dan margin tataniaga serta farmer’s share yang didapat pada proses tataniaga telur ayam ras pada peternakan Baringin Farm Kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan pada usaha peternakan Baringin Farm Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan jumlah responden awal 6 orang dan total responden yang didapatkan sebanyak 11 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Snowball Sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang hasilnya ditampilkan dalam bentuk gambar atau skema. Berdasarkan penelitian maka didapatkan hasil sebagai berikut : 1) Saluran tataniaga telur ayam ras pada peternakan Baringin Farm terdiri atas 3 saluran, 2) Masing-masing saluran memiliki margin yang berbeda yaitu pada saluran I (peternak – konsumen) tidak memiliki margin karena merupakan saluran tataniaga langsung, pada saluran II (peternak – pedagang pengecer) sebesar Rp. 267/butir, pada saluran III (peternak – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen) sebesar Rp.415/butir. 3) Farmer’s share yang diperoleh disetiap saluran yaitu pada saluran I peternak mendapat keuntungan secara keseluruhan sebesar 100%, pada saluran tataniaga II sebesar 84% dan pada saluran tataniaga III sebesar 77%. Jadi berdasarkan nilai farmer’s share, seluruh saluran tataniaga telur ayam ras pada Baringin Farm sudah efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 peternakan peternakan
Date Deposited: 01 Mar 2023 04:54
Last Modified: 01 Mar 2023 04:54
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/124112

Actions (login required)

View Item View Item